Gaya Hidup

Mana yang Lebih Baik, Sarapan Sebelum atau Setelah Olahraga?

Selasa, 23 Juli 2019 - 07:17 | 65.76k
Ilustrasi berolahraga.
Ilustrasi berolahraga.

TIMESINDONESIA, JAKARTASarapan dan olahraga di pagi hari adalah kebiasaan sehat yang bisa dilakukan secara rutin. Sarapan bisa membuat tubuh tetap berenergi, sementara olahraga bisa membuat tubuh sehat dan bugar. Lalu, mana yang baik dilakukan sarapan setelah olahraga atau sebelumnya?

Sebuah studi di Inggris yang dimuat oleh American Journal of Physiology: Endocrinology and Metabolism menemukan bahwa sarapan sebelum olahraga pagi akan memicu tubuh untuk lebih banyak membakar karbohidrat saat berolahraga. Selain itu juga bisa  mempercepat penyerapan nutrisi setelah olahraga. 

Studi ini melibatkan 12 pria sehat yang melakukan 1 jam bersepeda di pagi hari. Mereka dibagi 2 kelompok. Untuk kelompok pertama diberikan sarapan bubur susu 2 jam sebelum bersepeda. Sedangkan kelompok kedua diberi makanan yang sama namun setelah bersepeda.

Dari kadar gula darah dan gula dalam otot para sukarelawan, ditemukan bahwa sarapan sebelum berolahraga meningkatkan kemampuan tubuh membakar kalori saat olahraga.

Selain itu juga meningkatkan kemampuan tubuh untuk mencerna dan mengolah makanan yang dikonsumsi bahkan setelah olahraga usai. Gula yang dibakar saat olahraga tak hanya yang terdapat dalam darah namun juga melibatkan gula di dalam otot. 

Hal ini menyimpulkan bahwa sarapan sebelum olahraga, tubuh akan memiliki kemampuan lebih besar untuk menyimpan nutrisi dibandingkan ketika Anda sarapan usai olahraga pagi. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES