Peristiwa Daerah

Mutasi Penjabat Eselon II - B di Pemkab Ponorogo akan Segera Digelar

Senin, 22 Juli 2019 - 19:47 | 60.56k
Bupati Ipong Muchlissoni. (Foto: Evita Mukharomah/TIMES Indonesia)
Bupati Ipong Muchlissoni. (Foto: Evita Mukharomah/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, PONOROGO – Rencana mutasi penjabat eselon II-b di Pemkab Ponorogo belum bisa dilaksanakan. Bupati Ipong Muchlissoni mengatakan mutasi paling lambat akan digelar empat minggu ke depan.

Menurut Bupati, dalam mutasi tersebut belum ada jaminan penjabat yang sudah menempati posisi Pelaksana Tugas (Plt) akan didefinitifkan. ‘’Kami juga perlu berkonsultasi dengan Komisi ASN (KASN) karena sejumlah hal. Paling lambat empat minggu lagi,’’ ungkap Bupati Ipong, Senin (22/7/2019).

Wacana mutasi di kalangan penjabat kepala organisasi daerah sudah berhembus sejak berbulan-bulan yang lalu. Apalagi ada dua kepala organisasi perangkat daerah (OPD) yang pensiun akhir Juni lalu (Kepala Dindik dan Kepala Disperta). Belakangan Vifson Suisno, eks Kepala Dispendukcapil meninggal dunia awal bulan ini.

Bupati Ipong merespon kondisi ini dengan menetapkan tiga Plt. Diantaranya, Kepala Bakesbangpol Heri Sutrisno menjabat Plt Kepala Dispendukcapil, Kepala Disperkim Endang Retno Wulandari menjabat Plt Kepala Dindik, dan Asisten II Ekbang Henry Indra Wardhana menjabat Plt Kepala Disperta.

Ipong memastikan penetapan Plt tidak mengakhiri wacana mutasi yang telah digulirkan. ‘’Dengan berbagai pertimbangan yang ada, kami akan lakukan rotasi di eselon II,’’ katanya

Mutasi perlu dilakukan guna merespon kekosongan penjabat definitif di sejumlah OPD tersebut. Namun tidak menutup kemungkinan penjabat kepala OPD lain juga terangkut gerbong mutasi.

Bupati Ipong punya pertimbangan tersendiri yang tidak ingin diungkap ke awak media. Penjabat yang sudah di Plt-kan di OPD lain, akan ditetapkan secara definitif. ‘’Ya didoakan saja,’’ sebut bupati.

Menggelar mutasi saat ini rupanya tidak semudah membalik telapak tangan. Pemkab Ponorogo perlu berkonsultasi dengan KASN lantaran tidak semua penjabat sudah menduduki posisi mereka dalam kurun waktu dua tahun. Di sisi lain Bupati Ipong mengisyaratkan tidak akan menggelar lelang jabatan secara terbuka untuk mengisi posisi yang kosong. ‘’Untuk saat ini, tidak ada lelang. Kami prioritaskan rotasi terlebih dahulu,’’ tegasnya. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Faizal R Arief
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan
Sumber : TIMES Ponorogo

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES