Peristiwa - Daerah

Temui Wagub, Kemenag Malut Mantapkan Persiapan STQ Nasional 2021

Temui Wagub, Kemenag Malut Mantapkan Persiapan STQ Nasional 2021 Jajaran Kemenag Maluku Utara bersama Wagub Maluku Utara usai pembahasan STQ Nasional 2021. (Foto: Wahyudi Yahya/TIMES indonesia)
Senin, 22 Juli 2019 - 19:08

TIMESINDONESIA, SOFIFI – Kepala Kantor Perwakilan (Kakanwil) Kemenag Malut H. Sarbin Sehe intens melakukan koordinasi dengan Pemprov Malut guna memantapkan persiapan Seleksi Tilawatil Quran / STQ Nasional ke- 26 Tahun 2021. 

Sarbin dan pimpinan Bank BNI Syariah Cabang Ternate diterima Wakil Gubernur M. Al Yasin Ali di ruang kerjanya, Senin (22/7/2019).

Sarbin kepada TIMES Indonesia mengatakan, komunikasi dibangun lebih awal untuk membahas sarana prasarana. Di antaranya kesiapan akomodasi kafilah dari 33 provinsi ditambah tuan rumah serta arena utama pelaksanaan STQ.

"Soal sarana prasarana pendukung pelaksanaan STQ sangat penting karena Gubernur Maluku Utara KH Abdul Gani Kasuba menghendaki perhelatan akbar itu dilangsungkan di kota Sofifi yang minim fasilitas perhotelan," katanya. 

Kakanwil pada kesempatan koordinasi bersama Wagub juga mengusul agar segera dibentuk tim dengan melibatkan seluruh pihak terkait, kemudian bersama tim membahas seluruh persiapan secara komprehensif.

Sementara Wagub optimistis, dalam waktu dekat pemerintah daerah akan menyiapkan sarana dan prasarana yang dibutuhkan dalam rangka pelaksanaan STQ ke- 26.

Menurut Wagub, Pemprov berencana menggandeng BNI Syariah membangun 500 unit perumahan yang akan digunakan oleh kafilah sebagai home stay. "Setelah selesai kegiatan STQ, akan diberikan kesempatan kepada pegawai untuk memiliki rumah tersebut dengan cara mencicil tanpa uang muka dan mendapatkan fasilitas subsidi," ujarnya.

"Sementara untuk tamu VIP dan VVIP bisa menggunakan hotel di Ternate dan akan disediakan kapal cepat untuk menghadiri pembukaan dan penutupan STQ. Pemprov juga akan membangun open space di dalam kota Sofifi yang akan digunakan sebagai arena utama STQ," kata wagub.

Usai bertemu wagub, Kakanwil juga berkoordinasi dengan Asisten I Setda Provinsi Maluku Utara H. Hasbi Pora dan Kepala Biro Kesra Dihir Badjo.

Sebagaimana diketahui, pada acara ramah-tamah usai penutupan pelaksanaan STQ ke-25 29 Juni lalu, bertempat di Kediaman Gubernur Kalimantan Barat Pontianak, Dirjen Bimas Islam Muhammadiyah Amin telah mengumumkan bahwa provinsi Maluku Utara ditetapkan sebagai tuan rumah STQ ke-26.

Penetapan Maluku Utara sebagai tuan rumah STQ Nasional ke-26 ini berdasarkan surat permohonan dari Gubernur Maluku Utara yang diajukan pada saat pelaksanaan STQ ke-26 di Pontianak Kalbar pada pertengahan Juni lalu. Kemenag Malut pun terus mempersiapkan diri. (*)

Jurnalis :
Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Sholihin Nur

Komentar

Loading...
Registration