Peristiwa Nasional

Kementerian Desa PDTT RI Sahkan Kamus Standar Kompetensi JF PSM

Senin, 22 Juli 2019 - 18:51 | 107.41k
FOTO: Istimewa
FOTO: Istimewa

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Menjelang validasi penerapan Standar Kompetensi Jabatan Fungsional Penggerak Swadaya Masyarakat (JF-PSM), Kementerian Desa PDTT RI menggelar validasi usulan bersama terhadap pengesahan kamus kompetensi dan penetapan standar kompetensi  JF PSM, di hotel Savero Jakarta 22-24 Juli 2019. Jakarta 22/7/2019.

Helmiaty, Kapuslatmas Kemendesa PDTT RI menyampaikan Tujuan dilaksanakan kegiatan validasi Standar Kompetensi JF PSM adalah untuk menyamakan pemahaman tentang standard kompetensi JF PSM dan memperoleh masukan yang konstruktif terhadap Draft Standar Kompetensi JF PSM, 

"Kesepakatan bersama terhadap usulan Kementerian Desa, PDT dan Transmigrasi tentang Standar Kompetensi JF PSM," Ucap Helmiaty.

Selain itu Helmiaty menjelaskan JF PSM merupakan jabatan fungsional katagori keahlian yang sesuai ketentuan tentang aparatur sipil Negara, bahwa setiap pejabat fungsional harus dapat menjamin akuntabilitas jabatannya yakni memberikan pelayanan fungsional berdasarkan keahlian tertentu yang dimiliki dalam rangka peningkatan kinerja organisasi secara berkelanjutan.

“Jadi seorang JF PSM harus mempunyai kemampuan dalam peningkatan kapasitas masyarakat, melakukan advokasi, pengorganisasian komunitas dan masyarakat, pengembangan jejaring dan kemitraan, pengembangan ekonomi lokal, serta berkemampuan di bidang inovasi teknologi yang dapat diamati dan diukur melalui kompetensi yang dimiliki oleh setiap PSM,” tegas Helmiaty.

Sementara itu, Helmiaty menambahkan Kegiatan Validasi Standar Kompetensi ini untuk mendapatkan masukan penyempurnaan draf yang telah kami susun dan juga kesepakatan bersama penandatangan Kepala Balilatfo karena Standar Kompetensi ini sudah mendesak untuk dipedomani dalam pelaksanaan Uji Kompetensi JF PSM diinternal Kemendesa PDTT(*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Yatimul Ainun
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan
Sumber : TIMES Situbondo

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES