Ekonomi

Asyik! Bulan Depan, Citilink Buka Rute Denpasar-Banyuwangi

Senin, 22 Juli 2019 - 19:38 | 76.04k
 Maskapai nasional Citilink (FOTO: Dokumen TIMES Indonesia)
Maskapai nasional Citilink (FOTO: Dokumen TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, BANYUWANGI – Maskapai nasional Citilink Indonesia dalam waktu dekat akan membuka rute penerbangan Denpasar–Banyuwangi. Ini merupakan strategi yang dilakukan Citilink untuk menarik lebih banyak wisatawan asing berkunjung ke Banyuwangi.

Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas mengatakan rute baru Citilink tersebut direncanakan bisa beroperasi awal Agustus 2019 ini. “Kami sudah bertemu Citilink beberapa waktu lalu. Jadi, setelah rute Manado–Banyuwangi yang sudah jalan, Citilink akan ekspansi rute Bali–Banyuwangi ini,” kata Anas, Selasa (22/07/2019).

Bagi Anas, apa yang dilakukan Citilink ini akan berdampak positif pada geliat pariwisata Banyuwangi. Pasalnya, dengan makin banyaknya pintu menuju Banyuwangi, akan mempermudah wisatawan yang hendak berkunjung.

“Ditambah dengan rute baru Banjarmasin–Banyuwangi pp oleh Xpress Air yang akan dioperasikan awal Agustus mendatang, kami optimis akan perkembangan wisata di Banyuwangi. Karena orang makin mudah menuju Banyuwangi,” tambah Anas.

Harismawan Wahyu Adi, VP Cargo dan Ancillary Citilink Indonesia mengatakan bahwa Citilink bersama Kementerian Pariwisata telah menggelar Forum Group Discussion (FGD) penguatan rute internasional Citilink Kuala Lumpur–Banyuwangi. FGD tersebut antara lain membahas strategi baru Citilink untuk menarik wisatawan ke Banyuwangi dengan membuka rute menuju Banyuwangi dari Bali.

“Rute Denpasar–Banyuwangi pp dibuka untuk menarik wisatawan dari Malaysia. Sekarang kan sudah jalan Kuala Lumpur–Banyuwangi, jadi wisatawan Malaysia yang ke Banyuwangi nantinya bisa langsung ke Bali, lalu pulang dari sana. Sebaliknya, wisatawan yang ke Bali, bisa lanjut berlibur ke Banyuwangi, lalu balik ke Malaysia,” jelas Haris.

Citilink juga telah membuka rute Manado–Banyuwangi sejak satu bulan lalu. Manado saat ini banyak dikunjungi wisatawan dari Tiongkok, dengan dibukanya rute ini Haris berharap dapat menarik wisatawan Tiongkok ke Banyuwangi. Setelah berlibur di Banyuwangi, lanjut dia, wisatawan tersebut bisa melanjutkan perjalanannya dari Banyuwangi ke Bali lalu terbang ke Tiongkok.

“Strategi ini kami lakukan untuk memperkuat konektivitas penerbangan domestik dan menguatkan kunjungan wisatawan mancanegara ke Banyuwangi. Banyuwangi bakal menjadi minihub bagi kami,” kata Haris.

Selain dua rute tersebut, Citilink berencana membuka rute Balikpapan–Banyuwangi dan Yogyakarta–Banyuwangi pp. “Kita bilang ini adalah penguatan rute yang ada. Kita mau jadikan Banyuwangi sebagai mini hub. Beberapa titik kita hubungkan dengan Banyuwangi. Tujuannya kita meng-connect-kan dari luar ke Banyuwangi. Kita create beyond-nya. Tujuannya adalah mendatangkan wisatawan manca negara,” ungkap Harismawan. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Faizal R Arief
Publisher : Sholihin Nur
Sumber : TIMES Banyuwangi

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES