Wisata

Menelusuri Goa Selomangleng, Tempat Dewi Kilisuci Bertapa

Senin, 22 Juli 2019 - 20:36 | 318.01k
Goa Selomangleng. (Foto: Muh.Rofii/TIMES Indonesia)
Goa Selomangleng. (Foto: Muh.Rofii/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, KEDIRIGoa Selomangleng adalah salah satu obyek wisata populer di Kota Kediri. Goa ini terbentuk dari batu andesit hitam yang sangat besar hingga tampak menyolok dari kejauhan. 

Berada di Kelurahan Pojok Kecamatan Mojoroto kota Kediri, sepintas tidak ada yang istimewa di gua batu ini. Keunikan baru terlihat begitu mendekati pintu goa. Beberapa meter di bawah mulut goa, terdapat beberapa bongkahan batu yang berserakan. Sebagian diantaranya terdapat pahatan, menandakan bahwa tempat ini sudah pernah disentuh manusia.

Goa yang terbuat dari batuan andesit ini menjadikannya kedap air. Tidak ada stalagtit maupun stalagmit yang umum dijumpai pada goa-goa alam. Terdapat tiga ruangan dalam goa, dari pintu masuk kita akan tiba di ruangan utama yang tidak begitu lebar dengan sebuah pintu kecil di sisi kiri dan kanan untuk menuju ruangan lain dari dalam goa.

Andi salah seorang pengunjung dari Kecamatan Ngadiluwih mengatakan, dia sengaja datang ke tempat ini karena di tempat ini banyak cerita sejarah yang bisa dipelajari. 

"Salin bersantai, di sini bisa belajar tentang sejarah jaman kerajaan dahulu, cerita tentang dewi Kilisuci bertapa di tempat ini," kata Andi, Senin (22/7/2019).

Ia juga menambahkan, selain goa, di kompleks wisata ini pengunjung bisa belajar juga mengenai peninggalan lintas kerajaan dahulu yang ada di museum Airlangga. "Mulai peninggalan kerajaan Kadiri, Singosari, Majapahit ada di Museum Airlangga," ungkapnya.

Menurut cerita yang beredar, Dewi Kilisuci adalah putri mahkota Raja Erlangga yang menolak menerima tahta kerajaan yang diwariskan kepadanya. Dia lebih memilih menjauhkan diri dari kehidupan dunia dengan cara melakukan tapabrata di Gua Selomangleng. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Faizal R Arief
Publisher : Sholihin Nur
Sumber : TIMES Kediri

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES