Peristiwa - Daerah

Kebakaran Hutan di Gunung Bentar Probolinggo Diduga Dilakukan dengan Sengaja

Kebakaran Hutan di Gunung Bentar Probolinggo Diduga Dilakukan dengan Sengaja Kebakaran di hutan Gunung Bentar, Probolinggo. (FOTO: Happy/TIMES Indonesia)
Senin, 22 Juli 2019 - 18:39

TIMESINDONESIA, PROBOLINGGOKebakaran hebat melanda hutan di Gunung Bentar, di Probolinggo Jawa Timur. Kebakaraan itu terjadi diduga karena ulah warga yang sengaja membakar. Tujuannya untuk mempermudah mencari kayu bakar.

Kebakaran terjadi di dua lokasi Gunung Bentar, di sekitar Jurang Mayit dan Lapangan Tembak.

“Dengan membakar ilalang dan semak belukar kering. Dengan cara ini, memang untuk mendapatkan kayu bakar sangat mudah. Namun berbahaya karena kebakaran bisa saja meluas dan merembet ke daerah sekitarnya,” ungkap PLH RPH Klenang, Muhammad Kasan, Senin (22/7/2019).

Berdasarkan informasi, luas lahan yang sudah terbakar sudah mencapai luas sekitar 8 hektar. Kebakaran bisa saja meluas, mengingat kondisi hutan yang kering karena kemarau. Serta diperparah dengan hembusan angin yang sangat kencang.

Selain itu, minimnya alat dan personel yang terbatas membuat petugas kewalahan memadamkan api.

Proses pemadaman api sendiri, masih dilakukan secara manual. Menggunakan ranting dan dahan yang dipukulkan langsung ke titik api.

Medan terjal dan sulit terjangkau, juga menyulitkan proses pemadaman api. Sejauh ini, kebarakan hutan di Gunung Bentar Probolinggo masih terus berlangsung. Petugas masih berupaya melakukan pemadaman api, dengan peralatan seadanya. (*)

Jurnalis : Happy L. Tuansyah
Editor : Faizal R Arief
Publisher : Sholihin Nur
Sumber : TIMES Probolinggo

Komentar

Loading...
Registration