Pendidikan

Mahasiswa Polinema Berhasil Manfaatkan Limbah Sterofoam Jadi Energi Baru

Mahasiswa Polinema Berhasil Manfaatkan Limbah Sterofoam Jadi Energi Baru Mahasiswa Polinema berhasil memanfaatkan limbah stereofoam menjadi energi terbarukan. (Foto: Polinema)
Senin, 22 Juli 2019 - 18:14

TIMESINDONESIA, MALANG – Mahasiswa Politeknik Negeri Malang (Polinema) berhasil membuat inovasi dengan membuat sebuah energi terbarukan dari Limbah Sterofoam untuk menggantikan batu bara. Energi terbarukan ini bernama Bricketting poly-styrene waste dengan metode thermal decomposition sebagai boiler fuel ramah lingkungan.

Tiga mahasiswa jurusan tekhnologi kimia industri dari angkayan 2016 dan 2017 Polinema, Galuh Citra Cahya Rohmana, Muhammad Suharto, dan Naila Adiba, berhasil memanfaatkan limbah sterofoam dan juga limbah makanan seperti nasi bekas dan bayam untuk membuat energi terbarukan.

Mahasiswa Polinema, M Suharto menyampaikan dalam pengolahan limbah ini, bahan baku seperti nasi bekas dan juga bayam tersebut di keringkan di suhu 60 derajat celsius selama 3 hari bersama limbah sterofoam yang sudah di potong menjadi kecil.

"Bahan baku yang sudah dikeringkan kemudian diproses lagi sehingga membentuk suatu bahan yang serupa dengan batu bara," katanya.

Suharto mengatakan setelah kering, bahan-bahan terserbut dimasukkan furnish dengan variable rasio, suhu, dan waktu pendiaman. Setelah melalui tahap furnish, bahan ini akan berbentuk seperti arang dan kemudian ditunggu sampai suhu 80 derajat celcius.

"Bahan ini dapat menggantikan batu bara, dengan hanya mengolah limbah sehari-hari," katanya.

Suharto berharap dengan penemuan energi terbarukan dari Limbah Sterofoam yang dibiayai Kemenristekdikti ini bisa menggantikan, atau minimal menjadi campuran batu bara, agar sumber daya alam tersebut tidak sampai habis digunakan manusia untuk kebutuhanya. (*)

Jurnalis : Imadudin Muhammad
Editor : Yatimul Ainun
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan
Sumber : TIMES Malang

Komentar

Loading...
Registration