Politik

Pemilu 2019, PDIP Kota Batu Dapatkan Kursi DPRD Terbanyak

Senin, 22 Juli 2019 - 17:39 | 53.06k
Suasana Rapat Pleno terbuka penetapan perolehan kursi dan penetapan calon terpilih. (FOTO: Muhammad Dhani Rahman/TIMES Indonesia) 
Suasana Rapat Pleno terbuka penetapan perolehan kursi dan penetapan calon terpilih. (FOTO: Muhammad Dhani Rahman/TIMES Indonesia) 

TIMESINDONESIA, BATU – Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan/PDIP Kota Batu tetap memimpin perolehan kursi DPRD Kota Batu hasil dari Pemilu 2019

Sesuai dengan hasil Rapat Pleno Terbuka, Penetapan perolehan kursi dan penetapan calon terpilih anggota DPRD Kota Batu dalam Pemilu tahun 2019 yang dilaksanakan di Hotel Purnama, Kota Batu, Senin (22/7/2019) sore. 

Dalam penetapan disebutkan bahwa jumlah caleg yang ditetapkan menjadi calon terpilih sebanyak 30 orang dengan rincian sesuai nomor urut parpol sebagaimana berikut. 

PKB mendapatkan 5 kursi, Gerindra mendapatkan 4 kursi, PDIP mendapatkan 6 kursi, Golkar mendapatkan 4 kursi, Nasdem mendapatkan 3 kursi, PKS mendapatkan 4 kursi, PAN mendapatkan 2 kursi dan Demokrat mendapatkan 2 kursi. 

PDIP-Kota-Batu2.jpg

"Selanjutnya kita melakukan pengusulan sumpah janji calon legislatif terpilih kepada Gubernur Jatim melalui Wali Kota Batu, proses di KPU paling lambat lima hari," kata Ketua KPU Kota Batu, Mardiono. 

Ia bersyukur bisa menetapkan calon legislatif terpilih karena tidak ada permohonan sengketa Pemilu di Kota Batu. 

Meskipun sempat penetapan tertunda pelaksanaannya, hal itu terjadi bukan karena sengketa Pemilu di Kota Batu, namun sengketa Pemilu di pusat. 

Dasar penetapan caleg terpilih Kota Batu, menurut Mardiono didasarkan pada Pkpu nomor 14 tentang tahapan Pemilu tahun 2019, pengganti Pkpu nomor 10 tahun 2019. 

PDIP-Kota-Batu3.jpg

Selain itu ada surat dari KPU RI nomor 1027 tahun 2019. Dalam surat tersebut dijelaskan bahwa KPU RI sudah mendapatkan surat balasan dari panitera MK, yang menjelaskan daerah mana saja yang mendapatkan sengketa perselisihan. 

"Kota Batu tidak termasuk didalamnya, karena itu kita jadikan dasar rapat pleno terbuka saat ini," ujar Mardiono. 

Dalam penetapan disebutkan PDIP Kota Batu tetap memimpin perolehan kursi DPRD Kota Batu hasil dari Pemilu 2019. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ferry Agusta Satrio
Publisher : Sofyan Saqi Futaki
Sumber : TIMES Malang

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES