Peristiwa Daerah

Tambah Gizi Lansia, Dra Hj Dewanti Beri Insentif 285 Lansia

Senin, 22 Juli 2019 - 17:14 | 48.27k
Wali Kota Batu, Dra Hj Dewanti Rumpoko M.Si saat memberikan insentif kepada perwakilan lansia. (FOTO: Muhammad Dhani Rahman/TIMES Indonesia) 
Wali Kota Batu, Dra Hj Dewanti Rumpoko M.Si saat memberikan insentif kepada perwakilan lansia. (FOTO: Muhammad Dhani Rahman/TIMES Indonesia) 

TIMESINDONESIA, BATU – Membantu warga yang sudah lanjut usia (lansia) agar bisa mendapatkan tambahan asupan gizi, Wali Kota Batu, Dra Hj Dewanti Rumpoko M.Si memberikan insentif kepada 285 lansia yang tinggal di Kecamatan Bumiaji. 

Insentif ini diserahkan lewat sebuah upacara penyerahan yang dilaksanakan di kantor Desa Pandanrejo, Kecamatan Bumiaji, Senin (22/7/2019) siang. Hadir dalam kegiatan tersebut Kepala Dinas Sosial Kota Batu, Ririck Masruri, Camat Bumiaji, Aditya Prasaja S.STP MAP dan Ketua Penggerak PKK Kota Batu, Ny Wibi Asri Fianti Punjul Santoso. 

Ririck menjelaskan bahwa pemberian insentif ini merupakan program kegiatan pemberdayaan lansia. Di Kecamatan Bumiaji terdapat 285 lansia dari sembilan desa mendapatkan insentif ini.

Walikota-Batu-a.jpg

"Tahun 2017 lalu, kita memberikan bantuan untuk 975 lansia se Kota Batu, tahun 2018 kita berikan insentif sebanyak 1025 lansia dan tahun 2019 ini sebesar 1036 lansia se Kota Batu," ujar Ririck Masruri. 

Dengan rincian 285 lansia berada di Kecamatan Bumiaji, 431 lansia di Kecamatan Batu dan 325 lansia di Kecamatan Junrejo. 

"Yang Hadir sekarang sebanyak 148 orang, sisanya akan kami distribusikan melalui petugas kami, dibagi ke alamat masing-masing penerima," ujar Ririck. 

Ia mengatakan masing-masing lansia menerima insentif sebanyak Rp 3 juta, dengan rincian insentif yang diberikan adalah insentif bulan Januari hingga bulan Juni 2019.

Walikota-Batu-b.jpg

"Setiap bulan seorang lansia mendapatkan insentif Rp 500 ribu. Insentif yang kita berikan hari ini adalah insentif bulan Januari hingga Juni 2019, insentif bulan Juli hingga Desember 2019 kita berikan tahap selanjutnya," kata Ririck. 

Ia berterima kasih kepada semua pihak yang membantu pendataan dan penyaluran insentif ini, termasuk kepada Camat Bumiaji, Aditya Prasaja S.STP MAP yang membantu penyaluran insentif ini. 

Di tempat yang sama, Dra Hj Dewanti menyatakan bahwa pemberian insentif ini merupakan bentuk perhatian Pemkot Batu kepada pada para orang tua lansia. 

"Sebenarnya tadinya Pak Eddy (Wali Kota Batu ketiga, Eddy Rumpoko-red) berencana memberikan insentif sebesar Rp 2 juta per bulan, tapi setelah dihitung kemampuan anggaran, Pemkot Batu hanya mampu memberikan Rp 500 ribu perbulan," ujar Dra Hj Dewanti. 

Maksud dan tujuan pemberian insentif untuk lansia ini untuk menambah asupan gizi para lansia lewat makanan dan pemberian vitamin, diluar pelayanan kesehatan yang diberikan puskesmas. 

Menurutnya, program Dinas Sosial ini bagus, namun ia memerintahkan kepada Dinas Sosial untuk mendata lansia yang hidup seorang diri. 

"Kita bisa berikan bantuan makanan kerjasama dengan masyarakat di sekitarnya seperti RT dan RW, sehingga setiap hari kondisi lansia yang seorang diri bisa terawasi," kata Dra Hj Dewanti Rumpoko MSi. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ferry Agusta Satrio
Publisher : Sholihin Nur
Sumber : TIMES Batu

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES