Pendidikan

Mahasiswa dari 25 Negara Ikuti Program Summer School di Kampus UMY

Senin, 22 Juli 2019 - 15:39 | 42.74k
Peserta program 7 Summer School di UMY saat mengikuti pembukaan program Summer School UMY. (FOTO: Humas UMY/TIMES Indonesia)
Peserta program 7 Summer School di UMY saat mengikuti pembukaan program Summer School UMY. (FOTO: Humas UMY/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, YOGYAKARTAUniversitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) kembali menggelar even bertaraf internasional. Even itu adalah Program Summer School yang dibuka pada Senin (22/7/2019) di Gedung K.H. Ibrahim UMY.

Program Summer School  yang diikuti oleh sebanyak 162 peserta dari 25 negara ini merupakan bagian dari komitmen UMY menciptakan suasana akademik yang bernuansa internasional demi mewujudkan visi UMY sebagai kampus yang bereputasi internasional. 

Rektor UMY, Dr Ir Gunawan Budiyanto mengatakan, program Summer School rutin dilaksanakan oleh UMY. Even ini bagian dari salah satu sarana untuk menunjukkan kualitas UMY sebagai international-friendly campus.

“Jadi, kami mengadakan progam Summer School ini untuk memperkenalkan UMY sebagai kampus yang international-friendly yang juga sesuai dengan kredo kampus Young and Global (Muda Mendunia). Semoga program ini UMY dapat dikenal oleh masyarakat di kancah internasional,” kata Gunawan.

Program Summer School ini, lanjut Gunawan, dilaksanakan dalam kurun waktu tiga minggu. Mereka akan mendapatkan berbagai materi bidang keilmuan masing-masing program.

“Tahun ini, ada 7 program Summer School yang berasal dari beberapa fakultas. Nantinya, peserta Summer School akan mengikuti kegiatan selama tiga minggu dengan pemberian materi pertama tentang pelajaran yang sesuai dengan bidang keilmuan masing-masing program. Materi kedua yakni tentang traditional event, dimana masing-masing peserta nantinya akan saling mengenalkan budayanya satu sama lain,” papar Gunawan.

Kepala Kantor Urusan Internasional, Lembaga Kerjasama UMY, Yordan Gunawan mengatakan, acara gabungan dari 7 program Summer School, yaitu IDSS (International Dental Summer School), IPSS (International Pharmacy Summer School), ITMSS (International Tropical Medicine Summer School), SCLS (Summer Course of Law and Syariah), INSS (International Nursing Summer School), IGOPSS (International Goverment and Politics Summer School), IENC (International Emergency Nursing Camp).

Selain itu, program Summer School kali ini adalah yang pertama kalinya digabung menjadi satu waktu pelaksanaan.

“Tahun-tahun sebelumnya masih diadakan masing-masing oleh prodi,” jelas Yordan. 

Peserta Summer School, Mohammad Salah mengaku senang dapat mengikuti program Summer School tahun 2019 ini di UMY. Acara ini membuat dirinya semakin banyak pengalaman dan pengetahuan tentang budaya yang ada di Indonesia.

“Terima kasih UMY telah menggelar acara Program Summer School. Dengan adanya acara ini maka kami jadi lebih mengenal dan dapat belajar tentang kepercayaan (agama), bahasa, makanan, lifestyle, pakaian dan lain-lain yang ada di Indonesia,” kata delegasi asal Mesir ini. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok
Sumber : TIMES Yogyakarta

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES