Peristiwa - Nasional

Mendagri Akui Ada Gubernur Izin ke Luar Negeri Hampir Tiap Minggu

Mendagri Akui Ada Gubernur Izin ke Luar Negeri Hampir Tiap Minggu Mendagri Tjahjo Kumolo. (FOTO: Kapuspen Kemendagri for TIMES Indonesia)
Senin, 22 Juli 2019 - 15:06

TIMESINDONESIA, JAKARTAMendagri Tjahjo Kumolo mengakui, jika ada gubernur yang hampir setiap minggu mengajukan izin ke luar negeri.

"Ada lho, gubernur hampir tiap minggu izin ke luar negeri, ada," kata Tjahjo Jakarta Convention Center, Senayan, Jakarta, Senin (22/7/2019).

Karena itu, pihaknya mengeluarkan Surat Edaran Nomor 009/5546/SJ yang mengatur soal SOP izin perjalanan dinas gubernur ke luar negeri. Surat edaran tersebut mengharuskan gubernur berkoordinasi dengan Sekretariat Negara dan Kementerian Luar Negeri saat melakukam perjalanan dinas luar negeri. Selain itu, gubernur juga harus menjelaskan detail tujuan dinas luar negerinya beserta anggaran yang dihabiskan.

"Untuk apa, keperluan apa. Undangan apa. Anggaran berapa. Rombongannya enggak boleh lebih dari lima maksimum," terang Tjahjo.

Disinggung mengenai sosok gubernur yang hampir tiap minggu mengajukan izin ke luar negeri, Tjahjo enggan membeberkannya. 

Namun, ia menegaskan pihaknya tidak bisa menghalangi kepala daerah yang mempunyai izin jelas untuk ke luar negeri.  "Kalau kita nggak izinkan ya salah. Namanya cari ilmu, namanya undangan. Tapi kalau diizinkan ya kok (gubernur ini) tiap minggu," kata Mendagri Tjahjo Kumolo. (*)

Jurnalis : Hasbullah
Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Sofyan Saqi Futaki
Sumber : TIMES Jakarta

Komentar

Loading...
Registration