Peristiwa - Daerah

Tim Dinas Peternakan Probolinggo Cek Kondisi Domba yang Dimakan Anjing Liar

Tim Dinas Peternakan Probolinggo Cek Kondisi Domba yang Dimakan Anjing Liar Tim Dinas Peternakan UPT Kecamatan Paiton, Kabupaten Probolinggo, melakukan pemeriksaan terhadap domba yang dimakan anjing liar. (FOTO: Dicko W/TIMES Indonesia)
Senin, 22 Juli 2019 - 14:51

TIMESINDONESIA, PROBOLINGGO – Tim medis bagian teknis dari Dinas Peternakan, Kecamatan Paiton, Kabupaten Probolinggo, melakukan pengecekan dan memberikan suntikan vaksin terhadap domba-domba milik warga pascadimakan anjing liar, di Desa Sumberejo, Paiton, Senin (22/7/2019).

Petugas mengecek domba yang masih hidup, untuk memberikan obat kekebalan tubuh, dan mencegak racun dan lainnya, terhadap domba setelah dimakan anjing tersebut.

Unit Pelaksana Teknis (UPT) Dinas Peternakan Kecamatan Paiton, Kabupaten Probolinggo, Nur Rahmad mengatakan, membenarkan jika domba-domba tersebut mati dan luka akibat gigitan dari hewan. Hal itu di tunjukkan dengan adanya bekas cakaran dan gigitan di setiap domba yang menjadi korban.

“Iya, domba-domba yang mati dan yang luka-luka karena gigitan hewan buas. Biasanya yang sering terjadi adalah anjing liar, yang masuk ke pemukiman warga. Gigitannya memang sangat membahayan terhadap domba, bias beracun. Yang diincarnya isi dalam perut domba, anjing itu melukai perut domba bagian bawah,” terang Nur Rahmad, di lokasi kejadian.  

Untuk mencegah inveksi, pihaknya sudah memberikan vaksin kepada tiap domba yang digigit oleh anjing liar itu.

Ia mengimbau agar warga lebih memperhatikan keamanan kandang, agar kejadian serupa tidak terulang kembali.”Di Kabupaten Probolinggo. Sering terjadi hal serupa, domba mati dimakan anjing liar, kami cek kondisi domba yang masih hidup, dan memberikan suntkan vaksin,” tambah Nur Rahmad.

Sebelumnya, warga Desa Sumberrejo, Kecamatan Paiton, Kabupaten Probolinggo, kembali dibuat resah, karena ulah anjing liar yang memangsa domba milik warga. Seperti biasa anjing tersebut memakan domba itu dengan melukai bagian perut dan memakan isi perut domba di kandangnya.(*)

Jurnalis : Dicko W
Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Sofyan Saqi Futaki
Sumber : TIMES Probolinggo

Komentar

Loading...
Registration