Ketahanan Informasi Ketahanan Informasi Pendidikan

Adu Kreatifitas, Mahasiswa STIKI Malang Dapat Hibah Kemenristekdikti

Adu Kreatifitas, Mahasiswa STIKI Malang Dapat Hibah Kemenristekdikti Sertifikat dana hibah KBMI yang diperoleh STIKI Malang. (FOTO: AJP/TIMES Indonesia)
Senin, 22 Juli 2019 - 07:25

TIMESINDONESIA, MALANG – Tiga mahasiswa STIKI Malang Syahdan Hidayat, Firda Riant Perdana Putra, Meutia Tivani patut berbangga. Sebab produk mereka merupakan salah satu dari 469 kelompok wirausaha lain dari berbagai universitas di Indonesia yang terpilih untuk mengikuti Kompetisi bisnis Mahasiswa Indonesia (KBMI) 2019, dan sekaligus berhasil didanai oleh Kemenristekdikti.

Program pembinaan wirausaha merupakan bagian dari pembinaan kompetensi mahasiswa yang wajib diikuti selama proses pembelajaran di STIKI Malang. Selain mengikuti mata kuliah, ide usaha yang baik akan diikutkan dalam kompetisi internal yang kemudian dikirimkan dalam kompetisi nasional.

Selain itu Kelompok-kelompok wirusaha akan mendapatkan pembinaan untuk mampu menjadi mandiri dari Unit Inkubator Bisnis STIKI Malang selama 2 tahun.

“Mahasiswa diarahkan untuk mampu kreatif dalam menciptakan peluang usaha sesuai program studi. Ada yang membuat aplikasi digital berbasis mobile atau website, game, desain kreatif dll. Kelompok mahasiswa yang baik, juga diberikan modal usaha untuk mengembangkan bisnisnya menjadi mandiri. STIKI Malang berupaya mendorong lahirnya start up start up baru untuk berkiprah di era digital sekarang,” papar Setiabudi Sakaria, S.Kom., M.Kom, Kepala Inkubator Bisnis STIKI Malang.

Ia menambahkan sebagai salah satu Kelompok wirausaha binaan inkubator Bisnis STIKI Malang, Dcreative Indonesia Motion and Branding, mendorong popularitas UMKM melalui aplikasi yang dikembangkan.
Aplikasi yang ditawarkan ini untuk membantu penjualan UMKM yang membutuhkan jasa bidang design kemasan produk.

“Beberapa sudah jadi client kami, diantaranya ada komunitas seni Singgasana Budaya Nusantara, dan masih banyak yang lain," kata Setiabudi.

Ia mengaku mengembangkan serta membina start up memang bukan hal yang mudah. Namun mahasiswa STIKI Malang itu cukup antusias dan kreatif dalam menciptakan hal baru. "Saya berharap rintisan usaha ini kedepan bisa semakin berkembang, sehingga UMKM di Indonesia juga semakin jaya," tegas Setiabudi.

Selain kemampuan berwirausahaan, STIKI Malang juga membentuk kemampuan leadership mahasiswa yang berkesinambungan. Sejak berdiri 1985, STIKI Malang telah banyak bibit pemimpin muda yang telah dihasilkan STIKI Malang yang saat ini telah memiliki usaha yang berhasil, maupun menduduki jabatan penting di perusahaan baik di dalam dan luar negeri.

“Selama 35 tahun, STIKI Malang memang memiliki komitmen dan fokus dalam menghasikan lulusan yang cakap di bidang teknologi, memiliki jiwa kepemimpinan dan mampu berpikir kritis dalam menjawab permasalahan di masyarakat melalui berbagai karya kreatif yang dapat dihasilkan,” ungkap Septa, Ka. Humas dan PMB. Mari bergabung dengan STIKI Malang. www.stiki.ac.id. (*)

Jurnalis : Septa Noviana (CR-042)
Editor : AJP-5 Editor Team
Publisher : Sofyan Saqi Futaki

Komentar

Loading...
Registration