Peristiwa Daerah

Kebakaran, Dua Pendaki Gunung Panderman Lost Contact

Senin, 22 Juli 2019 - 08:26 | 164.45k
Petugas gabungan Minggu (21/7/2019) malam berupaya mengevakuasi pendaki yang masih berada di sekitar lokasi kebakaran. (FOTO: Istimewa/TIMES Indonesia) 
Petugas gabungan Minggu (21/7/2019) malam berupaya mengevakuasi pendaki yang masih berada di sekitar lokasi kebakaran. (FOTO: Istimewa/TIMES Indonesia) 

TIMESINDONESIA, BATUdua pendaki Gunung Panderman hingga saat ini masih lost contact. Pusdalop BPBD Kota Batu, Jawa Timur dan petugas gabungan terus berupaya menghubungi para pendaki yang naik melalui jalur Pos Pendakian Panderman pasca kebakaran yang melanda kawasan pegunungan ini, Minggu (21/7/2019) malam. 

Petugas gabungan berharap dua pendaki gunung ini tidak terjebak dalam kebakaran yang Senin (22/7/2019) semakin meluas. Luas lahan hutan yang terbakar kurang lebih 22 hektar dari luas Gunung Panderman 164,4 hektar. 

Kebakaran hutan Gunung Panderman ini berada di koordinator  -7.903614, 112.496581. Saat ini pemantauan visual titik api bagian tengah sudah mulai mengecil dan untuk api di bagian atas dan bawah yang masih terpantau ada titik api yang cukup besar. 

Gunung-Panderman-Lost-Contact2.jpg

Kepala BPBD Kota Batu, Sasmito mengatakan pihaknya sudah berkoordinasi dengan instansi terkait untuk pemadaman kebakaran hutan ini. 

"Minggu malam (21/7/2019) kita utamakan evakuasi pendaki yang berada di sekitar lokasi kebakaran di petak 227, sekaligus kita antisipasi dan pemantauan agar kebakaran tidak sampai di perumahan warga," kata Sasmito. 

Rencananya Senin (22/7/2019) pagi ini akan dilakukan pemadaman dengan sasaran hutan produksi untuk mencegah semakin membesarkan kebakaran karena getah pinus yang mudah terbakar. 

Gunung-Panderman-Lost-Contact3.jpg

Selain itu petugas akan membuat sekat pembatas agar api tidak meluas. 

"Untuk akses dan perizinan pendakian Gunung Panderman dan Gunung Buthak mulai hari Minggu (21/7/2019) ditutup sampai waktu yang belum ditentukan atau dinyatakan kondisi sudah aman," kata Sasmito. 

Pagi ini, pukul 06.30 WIB tim gabungan pemadaman api akan diberangkatkan dari Pos Pendakian Gunung Panderman yang terbakar.  Salah satu fokus tim adalah mencari keberadaan dua pendaki Gunung Panderman yang hingga saat ini masih lost contact. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Sofyan Saqi Futaki
Sumber : TIMES Batu

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES