Peristiwa Daerah

800 Hektar Lahan di Bontang Lestari Disiapkan untuk Lokasi Kawasan Industri

Minggu, 21 Juli 2019 - 23:15 | 175.82k
Anggota Pansus RTRW bersama tim asistensi raperda saat meninjau lokasi yang akan dijadikan area Industri Kota Bontang (Foto: Kusnadi /TIMES Indonesia)
Anggota Pansus RTRW bersama tim asistensi raperda saat meninjau lokasi yang akan dijadikan area Industri Kota Bontang (Foto: Kusnadi /TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, BONTANG – Sebesar 800 hektar lahan di wilayah Kelurahan Bontang Lestari, Kecamatan Bontang Selatan sudah disiapkan dan dikebut menjadi wilayah kawasan industri seperti rencana dalam revisi peraturan Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW) Kota Bontang

Hal ini menjadi salah satu upaya serius Pemkot Bontang dan DPRD Kota Bontang dalam mendukung rencana pembentukan wilayah Industri di Kota Bontang.

Mereka turun lapangan untuk mengecek lokasi yang menjadi rencana wilayah industri tersebut pada hari Minggu (21/7/2019) pagi. 

Sekretaris Daerah (Sekda) Pemkot Bontang, Agus Amir mengatakan kunjungan lapangan tersebut dilakukan bersama tim Pansus RTRW DPRD Bontang. "Untuk saat ini yang masuk pembangunan kilang Pertamina dan pabrik CPO," katanya.

Ia pun menjelaskan, dari lahan yang disiapkan, 60 hektar merupakan lahan dari Pemerintah Kota Bontang, sedangkan sisanya masih dalam penyelesaian dengan masyarakat. "Kita harus siapkan lahannya, bagaimana investor akan masuk jika lahan tidak disediakan," imbuhnya. 

Sementara itu, Ketua Panitia Khusus (Pansus) RTRW Muslimin mengatakan bahwa kegiatan ini sebagai monitoring dalam penyelesaian Raperda RTRW.

Selain itu, pihaknya juga akan memastikan titik koordinat rencana wilayah kawasan industri di Bontang tersebut sebelum disahkannya dalam paripurna mendatang. "RTRW perubahan memang kita kejar, target sebelum pelantikan harus sudah disahkan dalam paripurna," katanya. Dijelaskan Muslimin, terkait Raperda RTRW hanya menyisahkan tiga pembahasan sebelum diserahkan ke Gubernur Kaltim untuk dievaluasi. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Faizal R Arief
Publisher : Rizal Dani
Sumber : Bontang TIMES

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES