Peristiwa Daerah

Berangkat Senin Besok, JCH Bondowoso Dibagi Dua Kloter

Minggu, 21 Juli 2019 - 16:38 | 110.06k
H Saiful Badri M.Pd.I, Kasi Haji dan Umrah Kemenag Bondowoso. (FOTO: Moh Bahri/TIMES Indonesia)
H Saiful Badri M.Pd.I, Kasi Haji dan Umrah Kemenag Bondowoso. (FOTO: Moh Bahri/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, BONDOWOSOJemaah calon haji (JCH) Indonesia asal Kabupaten Bondowoso, Jawa Timur dijadwalkan berangkat Senin (22/7/2019) besok. JCH di Bumi Ki Ronggo ini dibagi dua kloter.

Adapun jumlah JCH Bondowoso sebanyak 585 orang. Dengan rincian Kloter 51 sebanyak 447 orang, dan kloter  52 sebanyak 138 orang.

H Saiful Badri M.Pd.I, Kasi Haji dan Umrah Kemenag Bondowoso menjelaskan, bahwa sesuai ketentuan dari Undang-Undang, masalah pemberangkatan dan pemulangan termasuk konsumsi dan kepanitiaan, dibiayai oleh bagian Kesra Pemkab.

Menurutnya, selain jumlah di atas masih terdapat 5 calon haji asal Bondowoso yang berangkat dari daerah lain.

"Beliau adalah Pak Sahlawi beserta istri dan tiga orang anggotanya, yang mengajukan permohonan agar pindah ke kloter daerah lain sehingga bisa berangkat lebih awal," lanjut Saiful.

Bari Sahlawi adalah politisi PPP yang terpilih menjadi anggota DPRD Bondowoso dari dapil II (Tapen, Prajekan, Klabang, Cermee dan Botolingo).

Menurutnya, politisi muda asal Klabang itu berangkat lebih awal di gelombang 1 agar bisa pulang lebih awal ke tanah air.

"Beliau gabung ke kloter asal Madiun, dan berangkat langsung dari emberkasi haji Sukolilo di Surabaya," paparnya.

Berdasrkan data yang diperoleh, jamaah haji asal Bondowoso diperkirakan tiba di tanah air pada tanggal 03 September untuk kloter 51 dan 04 September untuk kloter 52.

Sementara jadwal pelantikan anggota DPRD Kabupaten diperkirakan sekitar tanggal 26 Agustus 2019.

Dia jua menjelaskan, bahwa  terdapat selisih keberangkatan antara kloter 51 dan kloter 52, yakni selama 3 jam.

"Kita masih berupaya lobi ke Asrama Haji Sukolilo, agar kloter 52 bisa berangkat bersama kloter 51. Sebab keberangkatan itu sekaligus 5 kloter," harapnya.

Jika tetap berangkat terpisah, maka kloter 53 terancam akan menunggu selama 3 jam di Masjid Al-Akbar Surabaya atau Masjid Sukolilo.

Total JCH Indonesia Kabupaten Bondowoso, Jawa Timur sebanyak 590. Sementara 585 jamaah akan diberangkatkan Senin besok sekitar pukul 06:00 WIB dan 5 jamaah lain berangkat lebih awal dengan bergabung ke kloter asal Madiun. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Sofyan Saqi Futaki
Sumber : TIMES Bondowoso

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES