Indonesia Positif

Publikasi TMMD Kodim Tegal Promosikan Batik Tulis dari Desa Jatimulya

Minggu, 21 Juli 2019 - 09:04 | 37.45k
Warniti (42) perajin batik tulis di Desa Jatimulya, Kecamatan Suradadi, Kabupaten Tegal, Jawa Tengah. (FOTO: AJP/TIMES Indonesia)
Warniti (42) perajin batik tulis di Desa Jatimulya, Kecamatan Suradadi, Kabupaten Tegal, Jawa Tengah. (FOTO: AJP/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, TEGAL – Publikasi TMMD Kodim Tegal turut mengkampanyekan kerajinan tangan dari Desa Jatimulya, Kecamatan Suradadi, Kabupaten Tegal, Jawa Tengah. Itu karena banyak pengerajin batik mengeluhkan sulitnya memasarkan produknya terkait dampak modernisasi alat serta rendahnya minat generasi muda terhadap batik tulis.

Salah satu perajin batik tulis di Jatimulya Warniti (42) Dukuh Grogolan RT. 01 RW. 05. mengatakan menurunnya minat terhadap kerajinan lokal ini adalah kecilnya upah buruh pembatik, prosesnya yang cukup lama untuk menghasilkan 1 lembar kain serta kurangnya minat generasi penerus untuk belajar membatik tangan.

TMMD-Kodim-Warniti-42-perajin-batik-tulis-2.jpg

Warniti mengaku, dari hasil karyanya dalam sebulan, hanya mampu menghasilkan dua lembar kain siap jual, dengan penghasilan bersih 150 ribu rupiah. Tentu jumlah yang sangat kecil untuk melestarikan kerajinan warisan leluhur ini, ditambah pembinaan bagi remaja dan pelajar yang masih minim dan bahkan nyaris tidak ada.

“Untuk satu produk, biasanya saya selesaikan dalam dua minggu. Untuk harganya antara 150 ribu rupiah hingga 250 ribu rupiah per lembar,” ucapnya, Sabtu (20/7/2019).

TMMD-Kodim-Warniti-42-perajin-batik-tulis-3.jpg

Dikatakan Babinsa Jatimulya dari Koramil 05 Suradadi Kodim 0712 Tegal, salah satu produk lokal desa binaannya yang memiliki potensi untuk menjadi produk unggulan adalah batik tulis, namun masalahnya adalah pemasaran.

“Dengan adanya publikasi TMMD Kodim Tegalkami bersama rekan-rekan media akan membantu memperkenalkan sekaligus mempromosikan home industri ini ke umum sehingga lebih dikenal untuk mendapatkan konsumen,” harap Mursidi akan terciptanya lapangan pekerjaan baru di Jatimulya. Babinsa juga akan membantu memperkenalkannya menggunakan media sosial berupa whatsapp, instagram dan facebook miliknya. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : AJP-5 Editor Team
Publisher : Sofyan Saqi Futaki

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES