Peristiwa Daerah

Tidak Sekadar Identitas, Dispenduk Capil Magetan Beri Manfaat Tambahan Pemegang KIA

Minggu, 21 Juli 2019 - 08:13 | 201.18k
Gerakan Indonesia Sadar Adminduk.
Gerakan Indonesia Sadar Adminduk.

TIMESINDONESIA, MAGETAN – Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dispendukcapil) Magetan melakukan berbagai terobosan mensosialisasikan pentingnya KIA (kartu identitas anak). Pun, beragam manfaat tambahan telah disiapkan bagi pemegang KIA. Di antaranya diskon belanja dan tiket masuk ke tempat rekreasi.

"Kami menggandeng 12 mitra usaha untuk menyukseskan  program pembuatan KIA dan memberikan keringanan untuk anak di  Magetan," ujar Hermawan, Kepala Disdukcapil Kabupaten Magetan.

Mitra usaha yang telah bekerja sama dengan Disdukcapil Magetan untuk program manfaat tambahan KIA, yaitu Kolam Renang Srikandi, Toko Buku Mentari, Kolam Renang Sendang Bening, Toserba Embahe Murah, Taman Arum Duta Benardi Waterpark, Green Garden Magetan, Kolam Renang Cepoko, Hendany Phone, Taman Wisata Desa (TWD) Jabung, Lazizaa Chiken, Kolam Renang Jati Indah, dan Optik Nusa.

456c68401f5a.jpg

Hermawan mengatakan, digandengnya mitra usaha tersebut bertujuan menambah manfaat KIA selain sebagai identitas diri seorang anak. Anak yang telah memiliki KIA berhak mendapat berbagai kemudahan dan fasilitas.

"Dengan berbagai manfaat dan fasilitas tersebut diharapkan masyarakat tergerak untuk segera membuat KIA," jelasnya.

KIA merupakan kartu identitas anak di usia 0-17 tahun yang memiliki banyak manfaat. Di antaranya untuk pendataan serta melindungi anak dari praktik perdagangan anak. Juga mempermudah akses pendidikan, kesehatan, akses sarana tranportasi publik dan pembuatan rekening di bank.

"Anak-anak itu nanti akan bangga ketika memiliki identitas layaknya orang dewasa memiliki KTP," kata Hermawan.

Manfaat tambahan KIA oleh Dispendukcapil Magetan ditujukan untuk mengoptimalkan pelayanan administrasi kependudukan (adminduk). Serta peningkatan kesejahteraan anak di Magetan melalui kemudahan akses layanan umum. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok
Sumber : TIMES Magetan

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES