Kesehatan

Labu Siam, Sayuran Sehat Aman untuk Asam Urat

Minggu, 21 Juli 2019 - 07:24 | 313.53k
labu siam (FOTO: klikhijau.com)
labu siam (FOTO: klikhijau.com)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Penyakit asam urat, atau disebut juga dengan gout adalah salah satu jenis radang sendi yang banyak menyerang laki-laki usia 30 tahun ke atas. Penyakit ini dapat sering kambuh jika penderita tidak menjaga pola makan dengan benar. Jika Anda bingung memilih makanan yang tidak berisiko untuk asam urat, Anda bisa mencoba labu siam.

Labu siam adalah salah satu sayuran yang aman dikonsumsi oleh penderita asam urat, karena hanya mengandung sedikit purin. Labu siam terkenal sebagai sayuran yang kerap digunakan dalam masakan Indonesia sehari-hari.

Satu buah labu siam berukuran sedang (berat sekitar 200 gram) mengandung tinggi serat dapat memenuhi 14% kebutuhan serat harian, mengandung vitamin C, asam folat, vitamin K, vitamin B6, mangan, zink, potasium, dan magnesium. Selain itu, labu siam pun rendah kalori, lemak, sodium, dan karbohidrat.

Dengan demikian, labu siam cocok untuk dijadikan menu makanan sehat siapapun, termasuk Anda yang sedang menjalankan program diet.

Selain vitamin C, labu siam juga mengandung antioksidan lain seperti quercetin dan myricetin yang dapat melindungi sel-sel tubuh dari pengaruh buruk radikal bebas yang dapat merusak dan menyebabkan penyakit. 

Menurut penelitian yang dilakukan oleh peneliti dari Davao Medical School Foundation, labu siam dapat membantu menurunkan kadar asam urat pada hewan percobaan. Dr. Herminia, kepala peneliti, menyebutkan bahwa ekstrak labu siam yang diberikan kepada kelinci yang kadar asam uratnya tinggi dapat menurunkan kadar asam urat tubuh sebanyak 25%. 

Meskipun terlihat menjanjikan, penelitian tersebut tetap harus diuji lebih lanjut. Apabila benar terbukti, maka labu siam dapat menjadi makanan yang tepat bagi penderita asam urat.

Bagi Anda penderita asam urat, tidak ada salahnya mengonsumsi labu siam sebagai alternatif sayuran dalam menu harian Anda. Meski pendapat yang mengatakan sayuran ini bisa menurunkan kadar asam urat masih perlu penelitian lebih lanjut, namun khasiatnya tetap bisa Anda andalkan. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES