Kesehatan Info Haji 2019

Kurang Tidur saat Ibadah Haji? Waspadai Gangguan Kesehatan Ini

Minggu, 21 Juli 2019 - 00:36 | 57.37k
Ilustrasi - Jemaah Haji (FOTO: Dokumen TIMES Indonesia)
Ilustrasi - Jemaah Haji (FOTO: Dokumen TIMES Indonesia)
FOKUS

Info Haji 2019

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Saat menjalankan ibadah haji para jemaah dituntut memiliki fisik yang prima. Salah satu cara mendapatkan tubuh prima adalah dengan tidur yang cukup. Kurang tidur saat melaksanakan ibadah haji bisa memicu berbagai gangguan kesehatan.

Berikut deretan gangguan kesehatan yang bisa dialami para jemaah haji jika kurang tidur, dilansir dari Klik Dokter.

1. Kelelahan kronis

Akumulasi dari kurang tidur sangat berbahaya karena bisa menyebabkan lelah kronis. Jika sudah mengalami lelah kronis, pada akhirnya aktivitas di Tanah Suci pun bisa terganggu.

Jika sudah mengalami kelelahan kronis, itu bisa membuat Anda sulit berpikir dan berkonsentrasi. Paling sering, kelelahan kronis bisa membuat Anda mudah lupa memori jangka pendek.

2. Tubuh selalu lemas

Kurang tidur membuat tubuh mudah lelah. Ketika Anda lelah, pola makan pun cenderung terganggu. Bahkan terkadang konsumsi gula dan garam pun meningkat.

Gula termasuk karbohidrat simpleks yang memberikan energi sebentar, tapi cepat hilang juga dan akhirnya membuat tubuh menjadi lemas.

3. Memperburuk kondisi penyakit

Bagi Anda yang punya masalah kesehatan serius seperti hipertensi dan masalah jantung, kebutuhan tidur Anda harus cukup.

Kurang tidur akan memperburuk keadaan ini. Biasanya, saat tidur, jantung itu bekerja lebih lambat, jadi kalau dipaksa bangun, jantung akan terus-terusan bekerja. Akhirnya tensi pun bisa jadi naik.

4. Sakit kepala

Sakit kepala termasuk salah satu yang sering terjadi ketika Anda kurang tidur. Kepala biasanya akan terasa berat ketika dipakai beraktivitas.

5. Depresi

Kurang tidur bisa menyebabkan depresi juga. Ini karena kurang tidur biasanya menyebabkan mood atau suasana hati menjadi turun. Akhirnya segala sesuatu yang dikerjakan masalah jadi setengah-setengah.

Itulah lima gangguan kesehatan bisa timbul akibat kurang tidur saat ibadah haji. Selalu jaga kesehatan fisik dan mental selama menjalankan rangkaian ibadah haji. Pastikan bahwa Anda cukup tidur agar aktivitas ibadah haji yang Anda jalani bisa berlangsung lancar. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES