Ekonomi

Sambut Tol Surabaya-Banyuwangi, Pemkab Bondowoso Siapkan Kawasan Industri

Sambut Tol Surabaya-Banyuwangi, Pemkab Bondowoso Siapkan Kawasan Industri Wakil Bupati Bondowoso Irwan Bachtiar Rahmat (FOTO: Moh Bahri/TIMES Indonesia).
Sabtu, 20 Juli 2019 - 19:33

TIMESINDONESIA, BONDOWOSO – Salah satu kawasan di Kabupaten Bondowoso diperkirakan akan 'dilalui' Tol Surabaya-Banyuwangi. Untuk itu, pemerintah setempat akan mempersiapkan sebuah kawasan industri.

Wakil Bupati Irwan Bachtiar Rahmat mengatakan, bahwa dengan adanya exit tol yang nanti akan berdekatan di wilayah Arak-arak dan juga Prajekan, pihaknya berencana akan membuka Bondowoso Industrial Estate.

“Dengan adanya jalan tol yang nantinya mendekati wilayah Bondowoso, kami sudah mengantisipasi bagaimana Bondowoso ini nanti berdampak secara ekonomi,” katanya Kamis (18/7/2019).

Menurutnya, kawasan tersebut merupakan kawasan berikat. Artinya kawasan dimana semua industri yang berdiri di sana akan bebas pajak.

Sementara untuk keseriusan rencana ini, dia mengaku telah melakukan beberapa kali pertemuan dengan Dirjen Bea Cukai.

Kawasan berikat ini kata dia, adalah suatu kawasan yang semua manufaktur, semua industri ini bebas pajak. Kawasan berikat akan dibentuk di daerah Prajekan dan Wringin, karena dua kawasan tersebutlah yang dekat exit tol.

“InsyAllah bisa terealisasi. Tinggal menunggu tanah dan perizinan,” ungkapnya.

Menyambut tol Surabaya-Banyuwangi dengan membangun kawasan industri itu juga merupakan upaya untuk menarik investor. Sekaligus, mengurangi angka pengangguran terbuka Bondowoso yang masih berada di angka sekitar 17.000 atau 3,9 persen. (*)

Jurnalis : Moh Bahri
Editor : Faizal R Arief
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan
Sumber : TIMES Bondowoso

Komentar

Loading...
Registration