Peristiwa Daerah

Gandeng ACT Jember, SDIT Kuntum Insan Cemerlang Bondowoso Gelar Humanity Day

Sabtu, 20 Juli 2019 - 16:54 | 235.55k
Branch Manager ACT Jember, Mandiri Ratu Warang Agung bersama pihak SDIT Kuntum Insan Cemerlang, Bondowoso. (Foto : Syamsul Arifin/TIMES Indonesia)
Branch Manager ACT Jember, Mandiri Ratu Warang Agung bersama pihak SDIT Kuntum Insan Cemerlang, Bondowoso. (Foto : Syamsul Arifin/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, BANYUWANGI – Minggu perdana pasca libur panjang menjadi hari yang istimewa bagi siswa Sekolah Dasar Islam Terpadu (SDIT) Kuntum Insan Cemerlang (KIC) Bondowoso. Menggandeng Aksi Cepat Tanggap (ACT) Jember, sekolah di Jalan S Parman No 4, Kota Bondowoso tersebut menggelar ‘Humanity Day’.

Acara bertema ‘Religius, Cerdas dan Berkarakter’, ini diikuti oleh puluhan siswa Mulai dari kelas 3 hingga kelas 6.

Senior Marketing ACT Jember, Ahmad Nur Hasan menyampaikan, kegiatan yang digelar fokus pada pengenalan penanganan tanggap bencana bagi anak-anak. Menurutnya, materi tersebut sangat penting mengingat kawasan Jawa Timur rawan terjadi berbagai macam bencana.

ACT-Jember-b.jpg

“Gempa, tanah longsor, banjir hingga gunung meletus adalah beberapa bencana yang mungkin terjadi di wilayah Jawa Timur, terutama daerah Bondowoso yang secara geografis adalah wilayah pegunungan, karenanya kita perlu untuk melakukan kegiatan-kegiatan bertema mitigasi bencana sehingga masyarakat dan para siswa bisa faham apa yang harus dilakukan ketika sewaktu-waktu terjadi bencana,” katanya, Sabtu (20/7/2019).

Kegiatan Humanity Day di SDIT KIC Bondowoso diawali dengan menonton video-video tentang penanganan bencana. Dilanjutkan dengan sesi tanya jawab dan praktik dasar penanganan bencana.

Antusiasme tampak dari banyaknya anak yang merespon setiap pertanyaan seputar penangan bencana. Terutama tentang bencana yang ada di sekitar mereka.

Kepala sekolah SDIT KIC Bondowoso, Susan Bayu, menyampaikan rasa terimakasihnya kepada tim ACT atas terselenggaranya kegiatan Humanity. Menurutnya, pengetahuan sejak dini mengenai penanganan bencana sangat penting untuk diketahui para siswa.

“Walaupun kita juga berharap tidak akan ada bencana, ini sebagai bentuk ikhtiar kita dalam memberikan pengetahuan ke anak-anak, kami mengucapkan terimakasih ke tim ACT Jember,” katanya.

Dia berharap kegiatan Humanity Day, bisa menumbuhkan empati dan rasa kemanusiaan dikalangan siswa. Khususnya pada sesama yang sedang terdampak bencana.

Branch Manager ACT Jember, Mandiri Ratu Warang Agung mengatakan, program Humanity Day adalah kegiatan yang rutin dilaksanakan oleh ACT Jember. Selain sebagai kegiatan memperkenalkan program-program kemanusiaan ACT, Humanity Day juga bertujuan untuk memupuk jiwa kemanusiaan, kepedulian dan kedermawanan.

Terkait dengan konsep acara Humanity Day, Warang Agung menjelaskan bahwa cakupan kegiatan Humanity Day bukan hanya tentang mitigasi bencana saja. Namun juga berkaitan dengan isu-isu kemanusiaan yang lain seperti kemiskinan.

“Insyaallah program Humanity Day akan terus kami lakukan dan menyapa lebih banyak sekolah lagi diwilayah kerja ACT Jember, kebetulan juga sudah banyak sekolah yang menghubungi kantor kami untuk meminta diadakan Humanity Day di sekolah mereka,” tambahnya.

Sebagai informasi, kegiatan Humanity Day ACT Jember di Kuntum Insan Cemerlang Bondowoso, tersebut digeber pada Kamis, 18 Juli 2019 lalu. Rencananya, agenda serupa akan terus digalakan ACT Jember guna memberi wawasan sejak dini pada para siswa tentang penanganan bencana. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok
Sumber : TIMES Banyuwangi

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES