Pendidikan

Bersedekah Via Aplikasi Antarkan Al Faridho Raih Emas LKTI Bidang Sosial PIONIR IX 2019

Sabtu, 20 Juli 2019 - 14:37 | 59.88k
Al Faridho menerima medali emas LKTI Bidang Sosial di Pionir IX. (FOTO: Kusnin Ahmad/TIMES Indonesia)
Al Faridho menerima medali emas LKTI Bidang Sosial di Pionir IX. (FOTO: Kusnin Ahmad/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, MALANGPIONIR IX 2019 melahirkan karya-karya baru dari mahasiswa kampus Islam. Salah satunya berupa pembaharuan sistem penggalangan dana infak yang diinisiasi oleh Alfarido, Mlmahasiswa UIN Sunan Kalijaga melalui sistem Bersedekah via Aplikasi

“Para dermawan harus dipermudah dengan sistem aplikasi untuk mendonasikan uangnya di rumah Allah,” kata Muhammad Al Faridho Awwal, peraih medali emas untuk Lomba Karya Tulis Ilmiah Bidang Sosial mewakili UIN Sunan Kalijaga.

“Donasi sistem Quick Respone (QR) bisa menjadi alternatif menggalang donasi yang diterapkan di masjid dan mushalla dan ini cocok untuk kaum milenial,” kata Al Faridho. 

Dalam gelaran PIONIR IX 2019 di UIN Maulana Malik Ibrahim, mahasiswa semester VI ini mengatakan, walaupun karya tulisnya dinyatakan sebagai pemenang, dewan juri menyarankan untuk dilakukan penelitian lanjutan guna memperkuat sistem aplikasi itu.

“Dalam waktu dekat, karya tulis ini nantinya akan saya kolaborasikan penelitian lanjutannya dengan para dosen atau peneliti senior untuk diterbitkan jurnal yang terindeks scopus,” kata bujang kelahiran Kotabaru-Kalimantan Selatan, 22 tahun lalu.

Al-Faridho-2.jpg

Bakat menulis dan meneliti Al-Faridho diasah sejak berada di sekolah menengah atas. Kemudian setelah masuk di Fakultas Ekonomi dan Bisnis UIN Sunan Kalijaga tahun 2016, ia bergabung di Forum Studi Ekonomi dan Bisnis Islam (ForSEBI). 

“Walaupun waktu di SMA saya mengambil jurusan IPA, namun ketertarikan terhadap ekonomi dan keuangan Islam sangat kuat,” ungkap Wakil Ketua Jam’iyyah Huffadz wal Mufakkir Islamiyah (JHMI) UIN Sunan Kalijaga.

Prestasi lain yang pernah diraih pria muda berbakat ini adalah Juara I Islamic Economic Olimpiad (SEO) di Unair, Juara II Olimpiade Nasional Ekonomi Islam di Universitas Negeri Surabaya dan Temu Ilmiah Regional FOSSEI di UNY dan prestasi lainnya di kancah nasional.

Al Faridho yang bercita-cita menjadi Dosen ini, juga aktif menulis di berbagai jurnal online maupun offline. “Tulisan saya di Jurnal terbitan IAIN Palangkaraya diterbitkan dengan judul Sharia Economic Edugame dan di sharianews.com bertitel “Perlukan Labelisasi Syari’ah pada bank Syariah?,” kata Al Faridho yang pernah menjadi anggota Tim Delegasi Ekspedisi Nusantara Jaya (ENJ) Kementerian  Koordinator Kemaritiman ini.

Lomba Karya Tulis Illmiah Bidang Sosial PIONIR IX 2019 di Malang diikuti sebanyak 36 peserta di babak penyisihannya. Terseleksi menjadi 10 peserta untuk mempresentasikan papernya dalam babak final. Medali Emas diraih Muhammad Al Faridho Awwal (UIN Sunan Kalijaga) yang mengangkat Bersedekah via Aplikasi, Medali Perak oleh Novia Elga Rizkia (UIN Sunan Ampel), Medali Perunggu disabet Nur Hamidah (UIN Sunan Gunung Djati). Semenara Juara Harapan I, Raudahatun Nasikhah (IAIN Kediri) Harapan II, Haslinda (IAIN Bone) dan Juara Harapan III, Munawwaroh (IAIN Palangkaraya). (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Sofyan Saqi Futaki
Sumber : TIMES Malang

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES