Indonesia Positif Ketahanan Informasi Nasional

Pengerasan Jalan Pertanian, TMMD Kodim Tegal Budayakan Langsir Batu

Sabtu, 20 Juli 2019 - 02:18 | 48.92k
Darto (57), buruh tani Desa Jatimulya, Kecamatan Suradadi, Kabupaten Tegal, Jawa Tengah, apresiasi cara kerja TNI langsir batu estafet. (FOTO: AJP TIMES Indonesia)
Darto (57), buruh tani Desa Jatimulya, Kecamatan Suradadi, Kabupaten Tegal, Jawa Tengah, apresiasi cara kerja TNI langsir batu estafet. (FOTO: AJP TIMES Indonesia)
FOKUS

Ketahanan Informasi Nasional

TIMESINDONESIA, TEGAL – Edukasi Satgas TMMD Kodim Tegal dalam upayanya mengeraskan jalan pertanian masyarakat berupa makadam sepanjang 1,6 kilometer dengan lebar 3 meter di Desa Jatimulya, Kecamatan Suradadi, Kabupaten Tegal, Jawa Tengah, sangat menginspirasi penduduk setempat dalam melakukan pekerjaan.

Hal ini terlihat saat masyarakat secara kompak tanpa dikomandoi oleh anggota Satgas TMMD, melaksanakan langsir batu secara estafet, Jumat (19/7/2019).

Salah satu masyarakat yang dimintai tanggapannya terkait hal ini adalah Darto (57), buruh tani setempat, Dukuh Sigerung. Dikatakannya bahwa, warga selama ini melihat dan mencontoh apa yang dilakukan anggota Satgas dalam pekerjaan tersebut, sehingga cara gotong-royong itu langsung menjadi acuan karena memang hasilnya lebih efisien dan maksimal.

"Sungguh sangat menginspirasi pak, ternyata dengan cara ini memperingan pekerjaan," ujarnya.

Dikatakannya juga, kedepan dirinya tidak akan memanggul rumput lagi saat jalan becek di musim hujan. Tak lupa Darto mengucapkan terima kasih atas pembangunan jalan yang sedang dilakukan di dukuhnya, termasuk pengaspalan sepanjang 310 meter lebar 2,5 meter di depan SDN Jatimulya 03 serta makadam lainnya yaitu sepanjang 702 meter lebar 3 meter, tepat di gang sebelah barat SD tersebut.

TMMD Kodim Tegal mencoba menghidupkan kembali budaya gotong-royong masyarakat pedesaan yang juga menjadi ciri khas bangsa, yang sudah mulai luntur. Ini pula merupakan keberhasilan TNI-AD dalam memberdayakan wilayah masyarakat guna menciptakan kemanunggalan TNI-Rakyat sebagai komponen utama pertahanan di darat. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : AJP-5 Editor Team
Publisher : Rochmat Shobirin

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES