Peristiwa - Internasional

Kiswah Kabah Dibuka, Tanda Dimulainya Musim Haji 2019

Kiswah Kabah Dibuka, Tanda Dimulainya Musim Haji 2019 Situasi di Masjidil Haram yang sudah mulai penuh sesak Jemaah Calon Haji. (FOTO: Kemenag)
Sabtu, 20 Juli 2019 - 11:38

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Pengelola dua masjid di Tanah Suci atau Reasahalharamain, Jumat (19/7/2019) malam mulai mengangkat Kiswah, kain penutup Kabah setinggi tiga meter. Kiswah diangkat selepas Salat Isya sebagai tanda dimulainya musim Haji 2019, 1440 Hijriah.

Mengutip akun instagram Reasahalharamain, kain penutup Ka'bah tersebut diangkat setinggi tiga meter dari area tawaf dalam rangka menyambut musim haji itu.

Kiswah itu biasanya diganti setiap tahun pada tanggal 9 Dzulhijjah, atau pada hari ketika jemaah haji berada di Arafah. Nama Kiswah dalam bahasa Arab berarti 'selubung'.

Dikerahkan 53 pekerja untuk mengangkat Kiswah. Begitu Kiswah sudah tersngkat tiga meter, kemudian diganti dengan kain penutup berwarna putih. Kiswah itu akan dikembalikan ke posisi semula setelah musim haji selesai.

Berdasarkan maklumat pengelola Masjidil Haram, pengangkatan kiswah Kakbah itu untuk memelihara dan menjaga kebersihan Kiswah, serta menghindari dari aksi perusakan atau memotong kain kiswah.

Selain itu juga untuk mencegah sebagian jemaah haji untuk mengkultuskannya dengan mengharap berkah dari Kiswah.

Konsultan Ibadah Daker Makkah, Ustadz Muhammad Ulinnuha menjelaskan, Kiswah Kabah setiap tahun memang selalu dibuka terutama jelang musim haji tiba.

"Kiswah setiap musim haji tiba selalu dibuka, itu dilakukan untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, ada juga lho jemaah haji yang datang membawa gunting, kalau disobek bisa rusak itu Kiswah, itu kan mahal," kata Ulinnuha.

Situasi di Masjidil Haram sendiri saat ini semakin dipenuhi Jemaah Calon Haji dari berbagai belahan dunia, bahkan sudah terasa sesak saat pelaksanaan salat Jumat.

Mulai Jumat (19/7/2019) malam, selepas Salat Isya, pengelola dua masjid di Tanah Suci, Reasahalharamain, telah mengangkat Kiswah, kain penutup Kabah setinggi tiga meter sebagai tanda dimulainya musim Haji 2019, 1440 Hijriah. (*)

Jurnalis : Widodo Irianto
Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Sofyan Saqi Futaki
Sumber : TIMES Jakarta

Komentar

Loading...
Registration