Gaya Hidup

Mengatasi Obesitas pada Anak? Yuk Simak Caranya

Sabtu, 20 Juli 2019 - 03:13 | 90.60k
ILUSTRASI. (FOTO: Ibupedia)
ILUSTRASI. (FOTO: Ibupedia)

TIMESINDONESIA, JAKARTAMengatasi obesitas pada anak sebaiknya jangan sembarangan. Bukan seperti orang dewasa yang bisa dengan mengurangi porsi makan. Mengatasi obesitas pada anak juga harus memperhatikan asupan nutrisi untuk tubuhnya.

Dilansir dari Antara, seperti yang dikatakan dokter Spesialis Anak dr Yovita Ananta, SpA, MHSM, jika Anda ingin mengurangi berat badan anak yang mengalami obesitas bukan dengan mengurangi porsi makannya, melainkan mengganti jenis makanannya.

Sebaiknya jangan menyediakan makanan berkalori tinggi dan mengandung banyak gula semisal es krim atau cokelat. Ganti dengan buah, yoghurt atau sereal untuk menurunkan asupan kalori.

Untuk jadwal makan besar, tetap tiga kali sehari ditambah camilan dua kali berupa buah dan sayur, lalu air putih di antara jadwal makan utama.

Susu sebaiknya tetap diberikan pada anak, namun jumlahnya mesti dibatasi. Anak di atas usia satu tahun misalnya, hanya membutuhkan 500 mg per hari. Kalau perlu, ganti jenis susunya dengan yang rendah lemak.

Ia kemudian mengingatkan, perubahan perilaku makan tersebut tidak bisa langsung diterapkan seketika. Orang tua berperan memberikan contoh pola makan yang sehat tanpa memaksa anak.

Selain asupan makanan, untuk mengatasi obesitas anak juga perlu melakukan aktivitas fisik rutin minimal tiga kali dalam seminggu untuk menurunkan berat badannya ke angka normal. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Sofyan Saqi Futaki
Sumber : TIMES Jakarta

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES