Ketahanan Informasi

Kepala SMA Muhammadiyah 3 Jember: Peran Kodim 0824 Jember dalam PLS Beri Dampak Positif Bagi Siswa

Kepala SMA Muhammadiyah 3 Jember: Peran Kodim 0824 Jember dalam PLS Beri Dampak Positif Bagi Siswa MPLS SMA Muhammadyah 3 Jember (FOTO: AJP/TIMES Indonesia)
Jum'at, 19 Juli 2019 - 15:38

TIMESINDONESIA, JEMBER – Pelajar baru sekolah tingkat SMP dan SMA atau sederajat di Kabupaten Jember, Jawa Timur saat ini tengah mengikuti masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (PLS). Menariknya, masa PLS tahun ini melibatkan peran serta TNI dari jajaran Kodim 0824 Jember.

Berdasarkan pantauan, hingga Jumat (19/7/2019) masih terdapat sejumlah sekolah di Jember yang menjalankan masa PLS dengan menggandeng pemateri dari personel TNI.

Materi yang diberikan di antaranya yakni Peraturan Baris-Berbaris (PBB), Wawasan Kebangsaan (Wasbang), Bela Negara, Pemantapan Rasa Cinta Tanah Air, dan lain-lainnya.

MPLS-SMA-Muhammadyah-3-Jember-Kodim2.jpg

Kepala SMA Muhammadiyah 3 Jember  Moh. Zaenal Mahfud mengatakan bahwa peran TNI dalam masa PLS tersebut membawa dampak positif, baik bagi para siswa baru maupun bagi sekolah.

"Bahwa salah satu syarat menjadi siswa yang baik itu adalah kedisiplinan, sehingga kami mengutamakan kedisiplinan. Inj yang kami tanamkan kepada siswa-siswi kani di SMA Muhammadiyah 3 Jember," ujar Zaenal.

Menurutnya, dengan latihan kedisiplinan tersebut oleh personel TNI, siswa akan berani menanggung resiko.

"Dalam arti apabila melakukan kesalahan mereka ada rasa tanggung jawab dan segera memperbaiki diri. Hal ini yang perlu kami tanamkan kepada anak-anak," ujarnya.

MPLS-SMA-Muhammadyah-3-Jember-Kodim3.jpg

Untuk diketahui, pelaksanaan PLS di SMA Muhammadiyah 3 Jember tersebut diikuti sebanyak 208 siswa baru. Kegiatan PLS yang berlangsung selama tiga hari itu dilaksanakan di Secaba Rindam V/Brw Jl Tidar, Jember dengan pemateri dari Personel Secaba Rindam V/Brw sebanyak 10 orang dipimpin oleh Letda Inf Sukirno.

Sementara itu, Komandan Kodim 0824 Jember Letkol Inf Arif Munawar mengaku kekurangan personel untuk mengisi kegiatan PLS di sekolah-sekolah di Jember.

Karena itu, dia menyatakan bahwa bantuan personel dari kesatuan lain, salah satunya Secaba Rindam V/Brw sangat dibutuhkan.

"Pembinaan pelajar dan generasi penerus bangsa merupakan tanggung jawab semua pihak. Sehingga saya menyampaikan terima kasih kepada para kepala sekolah dan pengurus lembaga pendidikan atas kerja samanya dengn Kodim 0824 Jember dalam rangka mempersiapkan generasi bangsa yang berkualitas," imbuhnya. (*)

Jurnalis : Siswandi (CR-125)
Editor : AJP-10 Editor Team
Publisher : Sofyan Saqi Futaki

Komentar

Loading...
Registration