Ketahanan Informasi Ketahanan Informasi Pendidikan

Seluruh Komandan Koramil Jajaran Kodim 0824 Jember, Turun Tangan Bantu Sekolah Jalani Masa PLS

Seluruh Komandan Koramil Jajaran Kodim 0824 Jember, Turun Tangan Bantu Sekolah Jalani Masa PLS pengisian materi wasbang oleh Danramil. (FOTO: AJP/TIMES Indonesia)
Jum'at, 19 Juli 2019 - 14:38

TIMESINDONESIA, JEMBER – Pelaksanaan masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (PLS) pada tahun ajaran baru 2019 ini memang berbeda. Hal tersebut dikarenakan adanya perhatian pemerintah terhadap pentingnya pembinaan kedisiplinan, mental, dan karakter pelajar sebagai komponen utama generasi penerus bangsa, dengan dilakukannya kesepahaman bersama antara Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI dengan Panglima TNI terkait Perluasan dan Peningkatan Mutu Layanan Pendidikan dan Kebudayaan.

Pada kerja sama tersebut di antaranya adanya peran TNI dalam membantu pelaksanaan masa PLS yang diturunkan melalui instruksi Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad), agar Satuan Komando Kewilayahan (Kodim/Koramil) berperan aktif membantu PLS di sekolah-sekolah.

Karena itu, Kodim 0824 Jember beserta Koramil jajarannya langsung turun tangan dalam memberikan bantuan PLS dengan memberikan materi. Di antaranya Peraturan Baris-Berbaris (PBB), Wawasan Kebangsaan (Wasbang), Bela Negara, Pemahaman 4 Pilar Kebangsaan serta  Pemantapan Rasa Cinta Tanah Air kepada para pelajar baru.

Danramil-Kodim2.jpg

Hingga Jumat (19/7/2019) seluruh jajaran Kodim 0824 Jember sibuk melaksanakan kegiatan PLS tersebut. Bahkan para Komandan Koramil ikut turun tangan memberikan materi-materi Wasbang, Bela Negara, Pemantapan Rasa Cinta Tanah Air, dan Pemahaman 4 Pilar Kebangsaan (Pancasila, UUD 1945, Bhinneka Tunggal Ika, dan NKRI).

Terkait hal tersebut, Komandan Kodim 0824 Jember Letkol  Inf Arif Munawar menyampaikan terima kasih kepada Koramil jajaran yang telah melaksanakan bantuan program PLS tersebut di sekolah-sekolah di wilayah binaannya.

"Secara keseluruhan kami memang kekurangan tenaga, sehingga Komandan Koramil pun turut turun tangan, bahkan kami juga berterima kasih kepada satuan tetangga seperti Secaba Rindam V/Brawijaya, Yon Armed 8/105 Tarik, dan satuan lainnya yang juga turut membantu pelaksanaan dalam membantu kegiatan PLS tersebut," kata Arif.

Danramil-Kodim3.jpg

Tidak hanya saat PLS saja, Arif melanjutkan, nantinya sambil berjalan dalam periode tertentu para Komandan Koramil juga telah diperintahkan untuk memantapkan dengan pemberian Wasbang, menjadi inspektur upacara dan lain-lain.

"Tentunya dikoordinasikan dengan sekolah-sekolah di wilayahnya, sebagai bentuk penguatan berkelanjutan," ujarnya.

Lebih Lanjut Komandan Kodim 0824 Jember menyampaikan bahwa pelajar merupakan bagian yang sangat strategis dalam menjaga kelangsungan kehidupan berbangsa dan bernegara.

"Karena 10 hingga 20 tahun ke depan adik-adik inilah yang berkiprah di semua bidang, baik di lingkungan eksekutif, birokratif, yudikatif, dan lain-lain. Merekalah nantinya yang berperan besar dalam menentukan kebijakan, sehingga perlu penyiapan dan penguatan kedisiplinan, sikap, karakter dalam pembekalannya, bahkan harapan kami mereka harus lebih baik dan lebih mampu menjawab berbagai tantangan yang semakin komplek," imbuh dia. (*)

Jurnalis : Siswandi (CR-125)
Editor : AJP-10 Editor Team
Publisher : Sofyan Saqi Futaki

Komentar

Loading...
Registration