Peristiwa - Daerah

Wakil Duta Australia Apresiasi Pendampingan Kompak di Bondowoso

Wakil Duta Australia Apresiasi Pendampingan Kompak di Bondowoso Wakil Duta Australia untuk Indonesia, Allaster Cox diterima Wakil Bupati Bondowoso Irwan Bachtiar Rahmat (FOTO: Moh Bahri/TIMES Indonesia)
Jum'at, 19 Juli 2019 - 21:33

TIMESINDONESIA, BONDOWOSOWakil Duta Australia untuk Indonesia, Allaster Cox mengapresiasi pelaksanaan pendampingan Kompak (Kolaborasi Masyarakat dan Pelayanan untuk Kesejahteraan) di Kabupaten Bondowoso.

Hal itu disampaikannya, saat berkunjung salah satu wilayah yang didampingi Kompak. Yaitu Desa Bukor Kecamatan Wringin, Jumat (17/7/2019).

Kunjungan itu sekaligus untuk melihat langsung proyek kerjasama Australia-Indonesia di Bondowoso yang berlangsung sejak 2016 tersebut.

Wakil-Duta-Australia-2.jpg

Allaster Cox menjelaskan, pendampingan Kompak khususnya sistem klinik, merupakan upaya untuk membantu pemerintah dalam memberikan layanan yang tepat dan baik kepada masyarakat.

Dalam bidang pencatatan sipil dan kependudukan. Pendampingan Kompak ini membantu pemerintah desa untuk meningkatkan layanan lewat langkah nyata dan benar.

Dia menilai hal itu menjadi sangat penting, karena untuk menyajikan layanan yang tepat dan efisien kepada masyarakat haruslah diikuti dengan data yang juga akurat dan tepat.

“Dan saya lihat lewat sistem ini, lewat pendampingan Kompak atau yang dikerjasamakan dengan Kompak. Ada keseriusan untuk memberikan layanan masyarakat lebih baik,” ujarnya.

Wakil-Duta-Australia-3.jpg

Sementara itu Wakil Bupati Irwan Bachtiar Rahmat balik mengapresiasi pendampingan Kompak Australia khususnya di Kabupaten Bondowoso.

Menurutnya, kehadiran Kompak betul-betul memberikan warna dalam membantu upaya Pemkab untuk menekan angka kemiskinan.

Seperti pendampingan Kompak dalam aplikasi SAID (Sisitem Administrasi dan Informasi Desa), yang dinilai sangat membantu dalam menyajikan data yang akurat.

“Karena selama ini sangat kesulitan dalam melakukan verifikasi faktual mengenai berapa jumlah orang miskin yang ada di Bondowoso,” katanya.

Apalagi kata dia, kepala desa selama ini masih sering menggunakan secara manual. Sehingga ini menyita waktu. Maka dengan sistem yang sudah dibangun terintegrasi ini akan memudahkan verifikasi secara otomatis.

“Aplikasi SAID ini sangat membantu kami. Apalagi tadi sudah terintegrasikan dengan basis data terpadu yang sumber datanya dari Kemensos,” ujarnya.

Bahkan berkat pendampingan Kompak, masyarakat Desa Bukor Kecamatan Wringin susah tuntas Adminduk. Bahkan selangkah lagi akan menuju one data.

Kedatangan Wakil Duta Australia untuk Indonesia, Allaster Cox untuk melihat hasil pendampingan Kompak di Bondowoso disambut antusias oleh kepala sesa yang dapat pendampingan, serta masyarakat setempat. (*)

Jurnalis : Moh Bahri
Editor : Faizal R Arief
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan
Sumber : TIMES Bondowoso

Komentar

Loading...
Registration