Peristiwa - Nasional

Arswendo Atmowiloto, Pencipta Keluarga Cemara Itu Telah Berpulang

Arswendo Atmowiloto, Pencipta Keluarga Cemara Itu Telah Berpulang Almarhum Arswendo Atmowiloto. (FOTO: Instagram/@alun1703)
Jum'at, 19 Juli 2019 - 20:05

TIMESINDONESIA, JAKARTAArswendo Atmowiloto, seniman pencipta serial drama Keluarga Cemara meninggal dunia, Jumat (19/7/2019) sore di usia 70 tahun. 

Pria kelahiran Surakarta, Jawa Tengah 26 November 1948 itu meninggal karena sakit. Arswendo yang juga dikenal sebagai jurnalis ini sebelumnya berjuang melawan penyakit kanker prostat yang dideritanya.

Wakil Pemimpin Redaksi Kompas yang juga kolega dan tetangga dekat Arswendo, Tri Agung Kristanto mengatakan, Arswendo meninggal Jumat sore pukul 17.55 WIB.

"Betul (meninggal dunia), pukul 17.55 anaknya, Sonny Wibisono menyampaikan bahwa papa sudah enggak ada," ujar Tri seperti dikutip dari Kompas.com.

Informasi yang diterima TIMES Indonesia, saat ini, jenazah Paulus Arswendo Atmowiloto masih disemayamkan di Rumah Duka, Kompleks Kompas B-2, Jalan Damai, Petukangan Selatan, Jakarta Selatan.

Rencananya, jenazah Arswendo akan dimakamkan di pemakaman di Sandiego Hill, Karawang, Sabtu (20/7/2019) besok.Edisi-Jumat-19-Juli-2019-E.jpgSemasa hidupnya, Arswendo memang tidak jauh dari kehidupan seni, budaya dan jurnalis. Sebagai wartawan, Arswendo pernah menjadi berkarir di berbagai majalah dan surat kabar, seperti Kompas, Hai, dan Tabloid Monitor.

Dari jurnalistik juga, Arswendo mendapatkan kisah getir, yakni dipenjara selama 5 tahun karena dianggap menistakan agama. Ketika itu, Arswendo yang menjabat sebagai pimpinaan redaksi Tabloid Monitor membuat polling yang dianggap menghina umat Islam.

Tak hanya bidang jurnalistik, Arswendo juga mahir di bidang penulisan. Mulai cerpen, novel, teater atau drama hingga naskah skenario film.

Satu karyanya yang mungkin paling terkenal di bidang penulisan adalah buku "Mengarang itu Gampang" yang terbit tahun 1982.

Sedangkan untuk karya film atau televisi, suami dari Agnes Sri Hartini adalah sosok pencipta serial televisi fenomenal "Keluarga Cemara" yang pernah tayang di TVRI. Serial ini bahkan difilmkan dengan judul yang sama di tahun 2019.

Arswendo Atmowiloto, sang sastrawan, seniman, budayawan, dan tokoh pers itu boleh berpulang. Namun karya-karyanya akan selalu abadi. Selamat jalan Mas Wendo...(*)

Jurnalis :
Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

Komentar

Loading...
Registration