Pendidikan

Kreatif, Mahasiswa KPM IAIN Madura Berhasil Ciptakan Makanan Bolu dan Talam Singkong

Jumat, 19 Juli 2019 - 17:40 | 70.02k
Olahan makanan kreatif yang di buat oleh mahasiswa IAIN Madura di Desa Tattanggoh, Kecamatan Proppo, Kabupaten Pamekasan. (Foto: Akhmad Syafi'i/TIMES Indonesia)
Olahan makanan kreatif yang di buat oleh mahasiswa IAIN Madura di Desa Tattanggoh, Kecamatan Proppo, Kabupaten Pamekasan. (Foto: Akhmad Syafi'i/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, PAMEKASAN – Sejumlah mahasiswa Institut Agama Islam Negeri Madura (IAIN Madura) yang melaksanakan Kuliah Pengabdian Masyarakat (KPM) 2019 berhasil membuat makanan berupa bolu dan talam singkong di Desa Tattanggoh, Kecamatan Proppo, Kabupaten Pamekasan, Jumat (19/7/2019).

Uswatun Hasanah, sekretaris KPM setempat menyampaikan bahwa makanan itu dibuat untuk memaksimalkan potensi lahan yang ada di desa Tattangoh.

"Di sini singkong ditanam dimana saja dan setiap musim pasti ada. Maka dari itu saya ini buat makanan untuk memotivasi masyarakat setempat agar mandiri membuat makanan yang dihasilkan dari tanaman sendiri," katanya.

Uswatun Hasanah, yang sering dipanggil Uunk tersebut menilai bahwa makanan berbahan dasar singkong ini yakin akan membuat perekonomian masyarakat setempat makin meningkat.

"Saya yakin dengan adanya latihan ini ke depan masyarakat kreatif membuat makanan sendiri dengan memanfaatkan singkong hasil tanaman sendiri," ujarnya kepada TIMES Indonesia usai gelar pelatihan membuat makanan di Desa Tattanggoh, Kecamatan Proppo, Kabupaten Pamekasan.

Perempuan berparas cantik itu menceritakan bahwa banyak bahan yang digunakan untuk membuat makanan tersebut, tapi bahan dasarnya tetap dari singkong.

"Kalau makanan bolu, tepungnya pake tepung singkong, dan bahan lainnya yaitu telur. Sedangkan untuk makanan talam singkong itu bahan dasar singkong, gula merah dan santan," ungkap mahasiswa IAIN Madura kelahiran Waru Barat Pamekasan ini. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Faizal R Arief
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan
Sumber : TIMES Madura

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES