Ketahanan Informasi

TMMD Kodim Tegal Hadirkan Perputakaan Keliling Bikin Siswa Senang

TMMD Kodim Tegal Hadirkan Perputakaan Keliling Bikin Siswa Senang Mobil perpustakaan keliling Dinas Perpustakaan Daerah Kabupaten Tegal, Jawa Tengah, ramai dikunjungi anak-anak di lokasi TMMD Reguler. (FOTO: AJP TIMES Indonesia)
Jum'at, 19 Juli 2019 - 13:45

TIMESINDONESIA, TEGAL – Kehadiran perpustakaan keliling saat pembukaan TMMD Kodim Tegal membuat banyak siswa senang. Ramadhan (9) murid SDN 01 Jatimulya Kecamatan Suradadi Kabupaten Tegal, Jawa Tengah, salah satu anak yang menyambut baik datangnya Perpustakaan Keliling yang dihadirkan Dinas Perpusda Kabupaten di lapangan desanya.

Nampak dirinya asyik membaca buku cerita/dongeng bersama kawan sebayanya selepas pelaksanaan upacara pembukaan pembangunan yang diresmikan oleh Wakil Bupati Tegal, Sabilillah Ardie, Bsc, mewakili Gubernur dan Bupati.

Aan Khumairoh (25) pegawai Dinas Arsip dan Perpustakaan Kabupaten Tegal mengatakan membaca merupakan salah satu keterampilan utama yang dibutuhkan oleh anak dalam menjalani pendidikan akademiknya.

“Manfaat membaca bagi anak diantaranya adalah manfaat neurologis dalam mendukung perkembangan otak anak, karena pada usia lima tahun pertama, anak memiliki kemampuan belajar yang jauh lebih cepat sehingga jika mendapatkan stimulasi yang tepat maka perkembangan sel sarafnya dapat makin maksimal,” bebernya.

Lebih lanjut dikupasnya, manfaat lainnya adalah sisi pendidikan agar mereka terbiasa gemar membaca sampai dewasa. Selanjutnya adalah manfaat psikologis, jika anak terbiasa membaca sejak dini maka akan tumbuh menjadi anak yang percaya diri, mandiri, disiplin serta mampu untuk memecahkan suatu masalah karena memiliki kreativitas dan imajinasi yang lebih baik.

“Manfaat selanjutnya adalah manfaat sosial, anak akan tumbuh menjadi pribadi yang rendah hati dan peka terhadap lingkungan sekitarnya. Salah satu cara mendidik gemar membaca adalah dengan membangun kebiasaan membaca sebelum tidur dan mengajaknya ke perpustakaan,” imbuhnya.

Sementara untuk manfaat linguistik, anak akan mempunyai banyak kosa kata, tata bahasa yang baik, kemampuan menulis dan mengeja, serta dapat membangun kemampuan komunikasi verbal maupun tertulis dengan baik.

Kegiatan ini merupakan salah satu bukti TMMD Kodim Tegal bermanfaat bagi seluruh kangan masyarakat. (*)

Jurnalis : Aan Setyawan (CR-146)
Editor : AJP-5 Editor Team
Publisher : Rochmat Shobirin

Komentar

Loading...
Registration