Peristiwa Nasional

Wiranto Tegaskan Tidak Ada Pencekalan untuk Rizieq Shihab

Jumat, 19 Juli 2019 - 15:13 | 43.24k
Menkopolhukam, Wiranto (FOTO: Dokumen TIMES Indonesia)
Menkopolhukam, Wiranto (FOTO: Dokumen TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, JAKARTAMenkopolhukam, Wiranto menegaskan, tidak ada upaya pencekalan dari pemerintah Indonesia terkait kepulangan Imam Besar FPI, Rizieq Shihab dari Arab Saudi ke Tanah Air.

Kata Wiranto, HRS, panggilan akrab Rizieq Shihab tidak bisa pulang lantaran terkait kasus hukum izin tinggal di Arab Saudi yang melebihi batas atau overstay.

"Yang bersangkutan masih menghadapi problem pribadi dengan tinggalnya di Arab Saudi yang melebihi batas waktu overstay. Sehingga ada tuntutan pemerintah di sana pada pribadi yang bersangkutan untuk mempertanggungjawabkan overstay-nya itu," ucap Wiranto di kantornya, Jakarta, Jumat (19/7/2019).

Sebelumnya, Sekretaris Umum Front FPI, Munarman menyebut Rizieq Shihab belum juga pulang ke Indonesia karena dicekal oleh Indonesia.

"Habib Rizieq bukan tidak mau pulang, tetapi Habib tidak bisa pulang karena terhalang akibat pencekalan keluar dari wilayah Saudi atas permintaan pihak kita di sini," kata Munarman. 

Wiranto lantas menegaskan, berita-berita yang menyebut pemerintah Indonesia mencekal HRS untuk pulang ke Indonesia, sangat tidak berdasar alias tidak benar. "Yang bersangkutan direkayasa untuk tidak kembali ke Indonesia, tidak ada," jelasnya.

Menurut Menkopolhukam Wiranto, Rizieq Shihab tertahan dan tidak bisa pulang ke Indonesia lantaran tersangkut kasus hukum di pemerintahan Arab Saudi karena izin tinggalnya yang melebihi batas atau overstay.(*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Sholihin Nur
Sumber : TIMES Jakarta

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES