Ekonomi

Harga Cabai di Sumenep Melangit, Tembus Rp 70 Ribu Per Kilogram

Jumat, 19 Juli 2019 - 14:10 | 67.13k
Pedagang Cabai di Sumenep. Pasokan yang minim membuat harga cabai melambung tinggi. (Foto: Ach. Qusyairi Nurullah/TIMES Indonesia)
Pedagang Cabai di Sumenep. Pasokan yang minim membuat harga cabai melambung tinggi. (Foto: Ach. Qusyairi Nurullah/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, SUMENEPHarga cabai di Sumenep, Madura, Jawa Timur, melangit. Saat ini, harga cabai di pasaran mencapai Rp 70 ribu per kilogram.

Dalam hitungan hari, harga cabai naik drastis di daerah Sumenep. Pada Jumat (12/8/2019) pekan lalu, harga di pasaran masih bertahan di angka Rp. 50 ribu.

"Rp. 70 ribu. Mahal sekarang," kata Bu Lastri, salah satu pedagang cabai di Pasar Anom Sumenep, Jumat (19/7/2019).

Mahalnya harga cabai di Sumenep disebabkan kelangkaan komoditas holtikultura tersebut. Para pedagang sulit mendapatkan cabai ditengkulak maupun di petani. Lastri mengaku mendapat cabai tersebut dari jaringan antar pedagang.

"Macem-macem. Saya ngambil ada yang Rp 58 ribu. Rp. 60 juga ada," katanya pada TIMES Indonesia.

Setelah memasuki musim kemarau, kondisi pertanian cabai di Sumenep banyak yang mengalami gagal panen. Sejak bulan Juni lalu, pasokan cabai dari ke tengkulak maupun pedagang terus berkurang yang berujung kelangkaan. Kelangkaan cabai ini berdampak signifikan pada harga cabai di Sumenep yang mencapai Rp 70 per kilogram. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES