Indonesia Positif Ketahanan Informasi Nasional

Cangkul dan Sekop Simbolis Peresmian Pembangunan Program TMMD Kodim Tegal

Jumat, 19 Juli 2019 - 10:00 | 59.78k
Wakil Bupati Tegal, Sabilillah Ardie, Bsc, menyerahkan alat peralatan kepada perwakilan Satgas TMMD Reguler 105 Kodim 0712 Tegal. (FOTO: AJP TIMES Indonesia)
Wakil Bupati Tegal, Sabilillah Ardie, Bsc, menyerahkan alat peralatan kepada perwakilan Satgas TMMD Reguler 105 Kodim 0712 Tegal. (FOTO: AJP TIMES Indonesia)
FOKUS

Ketahanan Informasi Nasional

TIMESINDONESIA, TEGAL – Peresmian pembangunan yang dilakukan TNI melalui program TMMD Kodim Tegal di wilayah Kabupaten Tegal Jawa Tengah, di Desa Jatimulya Kecamatan Suradadi, ditandai dengan penyerahan alat peralatan (cangkul dan sekop) oleh Bupati melalui wakilnya, Sabilillah Ardie, Bsc, yang dilanjutkan dengan pemukulan kentongan, Kamis (11/7/2019).

Sebelumnya, perwakilan anggota Satgas TMMD Reguler 105 Kodim 0712 Tegal, yang terdiri dari TNI-Polri dan Linmas, terlebih dulu mendapatkan penyematan pita di lapangan desa setempat yang disaksikan ribuan hadirin.

Hajatan pembangunan TNI ini adalah upaya dalam membantu Pemprov dan Daerah untuk segera menyetarakan infrastruktur umum seperti di daerah lainnya yang lebih dulu dibangun. Dengan mengucap bismillah, Wabup memukul kentongan tanda resmi dibangunnya salah satu desa di pinggiran Tegal yang berjarak 26,9 kilometer dari pusat pemerintahan Kabupaten.

Kesempatan yang sama, dirinya mengajak mengucap syukur karena berkat TMMD Reguler, dirinya dapat beramah-tamah dengan masyarakat Jatimulya yang terdiri dari 5 pedukuhan dengan penduduk 12.295 jiwa (6.237 laki-laki dan 6058 perempuan).

Selama 30 hari mendatang, diharapkannya kehadiran TNI ikut tinggal bersama penduduk setempat menjadi penyemangat dalam membangun sasaran fisik utama , yaitu Jalan Usaha Tani (JUT) berupa makadam sepanjang 1.668 meter dengan lebar 3 meter serta pengaspalan jalan Lapen pada 3 titik yang berbeda dengan total panjang 1.802 meter (lebar 2,5-3 meter).

Menurutnya juga, program ini adalah bagian dari cara merawat rasa kebersamaan dengan gotong-royong, memperkuat nasionalisme dan patriotisme dalam mengisi kemerdekaan dengan pembangunan serta dalam mengatasi permasalahan kemiskinan di desa. Pangkalnya adalah meningkatkan kesejahteraan mayoritas penduduk yang bermata pencaharian sebagai padi dan palawija.

TMMD Kodim Tegal juga menghadirkan edukasi melalui kegiatan non fisik berupa penyuluhan KB serta kependudukan guna menekan laju pertumbuhan penduduk sehingga lebih meningkatkan mutu serta pelayanan kepada masyarakat kedepannya. Oleh sebab itu, dirinya mengajak kepada seluruh pihak untuk bahu-membahu membantu TNI. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : AJP-5 Editor Team
Publisher : Rochmat Shobirin

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES