Peristiwa Daerah

Peluncuran Gerakan #JamKitaMain, Gubernur NTB: Permainan Tradisional Positif bagi Perkembangan Anak

Jumat, 19 Juli 2019 - 13:10 | 71.17k
Gubernur NTB Zulkieflimansyah bersama Kak Seto saat menyoba permainan tradisional Gobak Sodor.(Foto: Humas Pemprov NTB)
Gubernur NTB Zulkieflimansyah bersama Kak Seto saat menyoba permainan tradisional Gobak Sodor.(Foto: Humas Pemprov NTB)

TIMESINDONESIA, MATARAMGubernur NTB, Zulkiflimansyah, menyampaikan bahwa Gerakan #JamKitaMain bisa menjadi awal untuk kembali mengajak anak lebih banyak bermain di luar dan mengurangi ketergantungan anak pada gawai. Ia mengatakan, dengan permainan tradisional sangat positif bagi tumbuh kembang anak, dan mendorong kepekaan sosial dengan lingkungan sekitar.

“Dengan gerakan JamMainKita, juga diharapkan, akan membangkitkan semangat anak NTB untuk tumbuh kembang dengan baik. Sehingga, anak NTB yang sehat dan cerdas bisa menjadi awal yang baik dalam rangka terwujudnya NTB gemilang,” kata Zulkieflimansyah, pada acara perayaan Hari Anak Nasional Provinsi NTB 2019, sekaligus launching Gerakan #JamMainKita, di Mataram, Kamis (18/7/2019).

Zulkieflimansyah menyatakan bahwa gerakan #JamKitaNain akan terus dikampanyekan di seluruh Kabupaten /Kota di Provinsi NTB.

"Saya berharap setelah gerakan ini diluncurkan, para bupati dan wali kota bisa menganjurkan seluruh RT dan RW melalui lurah membiasakan anak lebih banyak bermain permainan tradisional. Saya rasa gerakan ini sangat positif," ujarnya. 

Senada, Ketua Komnas Perlindungan Anak, Seto Mulyadi mengatakan, permainan tradisional oleh banyak ahli telah diteliti manfaatnya sangat besar dan positif untuk perkembangan kesehatan, kecerdasan anak, psikososial, senang bergaul, berteman, bekerja sama dan lainnya.

“Mulai sekarang, kami mengajak kepada masyarakat, ayah dan bunda untuk lebih banyak mengajak anak bermain di luar, dengan mempopulerkan kembali permainan tradisional,” kata pria yang akrab dipanggil Kak Seto ini. 

Dalam peluncuran Gerakan #JamKitaMain itu, Gubernur NTB bersama Kak Seto menyempatkan diri untuk mencoba permainan tradisional berupa Gobak Sodor dan Engklek. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Rizal Dani
Sumber : TIMES Mataram

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES