Peristiwa - Daerah

Gelombang Laut Tinggi, Ini Imbauan BMKG Hang Nadim Batam 

Gelombang Laut Tinggi, Ini Imbauan BMKG Hang Nadim Batam  Ilustrasi gelombang tinggi perairan. (dok/TI)
Jum'at, 19 Juli 2019 - 11:14

TIMESINDONESIA, BATAMBMKG (Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika) Bandara Hang Nadim Batam, mengimbau pengguna jasa laut untuk berhati-hati saat beraktivitas di perairan Kepulauan Riau (Kepri). Khususnya di perairan Tambelan, Kabupaten Bintan dan Lingga.

Forecaster Batam, Pande Made Rony mengatakan,  disekitar perairan tersebut diprediksi akan terjadinya gelombang laut  cukup tinggi. Selain itu, bakal terjadi arus laut yang cukup kuat. Terhitung Sabtu - Minggu (20-21/7/2019).

Cuaca-BMKG.jpgPerkiraan cuaca BMKG Hang Nadim Batam. (Foto: Istimewa)

“Ini disebabkan adanya badai tropis Danas di sekitar wilayah Taiwan,” ujarnya, Jumat (19/7/2019).

Tercatat ketinggian gelombang dikisaran 0,2 hingga 1,3 meter di sekitar perairan tersebut. Disusul di sekitar perairan Lingga dengan ketinggian ombak mencapai 0,2 meter hingga 1,2 meter.

Kondisi ini, menyebabkan pasokan massa udara dari wilayah Indonesia bagian Barat bergerak menuju wilayah tersebut sehingga berkurangnya pasokan uap air di udara, dan menyebabkan peluang pembentukan awan-awan hujan menjadi kecil di wilayah Indonesia bagian Barat khususnya wilayah Kepulauan Riau.

“Secara umum kondisi cuaca besok diprakirakan cerah berawan, namun masih sangat berpeluang terjadi hujan lokal dengan intensitas sedang hingga lebat yang dapat disertai petir dan angin kencang,” ungkapnya. (*)

Jurnalis : Ali Mahmud
Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Rizal Dani
Sumber : TIMES Batam

Komentar

Loading...
Registration