Peristiwa Daerah

Latihan Angkasa Yudha 2019 Sukses Menyerbu dalam Gelap

Kamis, 18 Juli 2019 - 23:34 | 117.57k
Suasana latihan perang Angkasa Yudha 2019 di Lanud Abd Saleh Malang dalam keadaan gelap. (FOTO: Tria Adha/TIMES Indonesia)
Suasana latihan perang Angkasa Yudha 2019 di Lanud Abd Saleh Malang dalam keadaan gelap. (FOTO: Tria Adha/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, MALANG – Menyerbu dalam gelap gulita sukses dilakukan pasukan TNI AU dalam rangkaian latihan perang Angkasa Yudha 2019 di Lanud Abdulrahman Saleh Malang, Kamis (18/7/2019) malam.

Mulai dari pengeboman, penerjunan pasukan, penerjunan perbekalan, melaksanakan pasroping hingga mengangkat kembali pasukan yang diterjunkan itu dengan helikopter dilaksanakan dalam gelap gulita.

Angkasa-Yudha-2019-b.jpg

Disaksikan langsung oleh Kepala Staf Angkatan Udara, Marsekal TNI Yuyu Sutisna, S.E., M.M, Dan Lanud Abd Saleh, Marsma TNI Hesly Paat dan pejabat lainnya, latihan yang digambarkan sebagai penyerbuan ke kawasan musuh hingga menguasai keadaan itu dilakukan tanpa penerangan sedikitpun.

Peserta latihan itu terdiri dari wasit, pengendali, penilai dan pelaku latihan Angkasa Yudha Tahun 2019 sendiri. Latihan ini dimulai sejak 15 Juli 2019 lalu dan puncaknya adalah fire power demo (FPD) yang akan diperagakan oleh pesawat-pesawat tempur pada Rabu (24/7/2019) mendatang

Angkasa-Yudha-2019-c.jpg

Lampu penunjuk runway yang biasanya menyala rapi dimatikan, lampu-lampu di tenda tempat para pejabat TNI AU juga dimatikan. Sementara pesawat-pesawat tempur meraung di langit sekitar Malang Raya.

Didahului dua pesawat tempur F-16 yang melesat di atas langit Lanud Abd Saleh melakukan pengeboman. Setelah menjatuhkan bom, pesawat bikinan Amerika Serikat ini tidak langsung pergi, tetapi berputar-putar dulu sampai keadaan dinyatakan benar-benar clear untuk dilakukan penyerbuan.

Angkasa-Yudha-2019-d.jpg

Beberapa saat kemudian berturut-turut, 4 pesawat Hercules C-130 menerjunkan pasukan. Sedikitnya 142 anggota TNI AU menggunakan parasit statis diterjunkan. Sekali lagi, penerjunan inipun dilakukan dalam gelap.

"Ini latihan malam dan gelap pertama dilakukan. Latihan Angkasa Yudha sebelum-sebelumnya dilakukan siang hari. Ternyata dilakukan malam hari tanpa penerangan pasukan kita juga bisa," ujar Dan Wing II, Kol (Pnb) Meka Yudanto sembari melihat terus pelaksanaan latihan itu.

Angkasa-Yudha-2019-e.jpgAngkasa-Yudha-2019-f.jpg

Sesuai tema yang tertera dalam logo program ini, Beyond What is Possible Angkasa Yudha 2019, yang semula tidak mungkin menjadi mungkin karena kejelian para anggota TNI AU.Edisi-Kamis-18-Juli-2019-D.jpgTerbukti meski malam hari tanpa penerangan, pasukan TNI AU ini bisa melakukan penyerbuan dan sukses dalam rangkaian latihan perang Angkasa Yudha 2019 di Lanud Abdulrahman Saleh Malang, Kamis (18/7/2019) malam. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Widodo Irianto
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan
Sumber : TIMES Malang

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES