Ekonomi

Sosialisasi Indonesia sebagai Official Partner Country Hannover Messe 2020 Digelar di Batam

Kamis, 18 Juli 2019 - 22:39 | 100.31k
Direktur Promosi dan Humas BP Batam Dendi Gustinandar (Dua dari kanan) menyambut antusias penyelenggaraan Forum Group Discussion (FGD) yang membahas Indonesia sebagai Official Partner Country pada Hannover Messe 2020. (Foto: Istimewa)
Direktur Promosi dan Humas BP Batam Dendi Gustinandar (Dua dari kanan) menyambut antusias penyelenggaraan Forum Group Discussion (FGD) yang membahas Indonesia sebagai Official Partner Country pada Hannover Messe 2020. (Foto: Istimewa)

TIMESINDONESIA, BATAMSosialisasi dan Forum Group Discussion (FGD) soal Indonesia sebagai Official Partner Country di pameran Hannover Messe 2020 digelar di Gedung Marketing Badan Pengusahaan (BP) Batam, Kamis (18/07/2019).

Hadir Direktur Promosi dan Humas BP Batam Dendi Gustinandar, Direktur Akses Sumber Daya Industri dan Promosi Internasional Dirjen KPAII Kementerian Perindustrian Tony T.H. Sinambela, Director International Relations Marco Siebert.

Juga hadir Deputy Managing Director EKONID Ute Brockmann sebagai nara sumber, serta lebih dari 80 peserta sosialisasi yang berasal dari pelaku usaha dan pimpinan kawasan industri di Batam.

Hannover Messe merupakan sebuah pameran internasional terbesar di sektor teknologi industri yang diselenggarakan rutin setiap tahun yang berfokus pada isu terkait dengan industrial automation and IT (Industry 4.0), energy and environmental technologies, energy efficiency, research and technology transfer, robotics, cobots, dan isu terkini lainnya.

Indonesia telah berkomitmen untuk mengambil peran sebagai Official Partner Country pada Hannover Messe 2020 yang ditandai dengan penandatanganan kesepakatan antara Kementerian Perindustrian RI dengan Deutsche Messe AG pada 1 November 2018.

Sebagai langkah selanjutnya, diperlukan persiapan panjang dan matang yang melibatkan banyak pihak sampai dengan pelaksanaannya.

Direktur Promosi dan Humas BP Batam Dendi Gustinandar menyambut antusias penyelenggaraan Forum Group Discussion (FGD) yang membahas Indonesia sebagai Official Partner Country pada Hannover Messe 2020 ini.

“Adalah sebuah keharusan bagi BP Batam untuk menyukseskan kegiatan ini sebagai bagian dari Indonesia yang merupakan Official Partner Country Hannover Messe 2020,” ungkap Dendi usai pertemuan.

Dendi menambahkan, selain itu, impian membuat Indonesia 4.0 dapat diwujudkan dari keikutsertaan BP Batam di kegiatan ini. Dengan harapan, pameran ini dapat menjadi media untuk menjaring atau meningkatkan minat para pelaku industri di Batam.

Indonesia menjadi negara mitra Hannover Messe 2020 adalah salah satu upaya untuk memperkenalkan roadmap “Making Indonesia 4.0” yang sudah dicanangkan Presiden RI Joko Widodo ke seluruh dunia, serta mendorong investasi untuk meningkatkan kemampuan manufaktur dan pengembangan infrastruktur digital.

Dirjen KPAII Kementerian Perindustrian Tony T.H. Sinambela menambahkan, pameran ini sudah berlangsung selama 72 tahun dan dalam periode 2016-2019 telah mencatat pengunjung sebanyak 210.000 orang.

Hannover Messe, pada tahun 2019 telah mencatat lebih dari 6.500 exhibitors dari 75 negara di dunia menjadi partisipan pameran dan menempati 227.000 meter persegi luas lahan atau hampir 32 kali lapangan sepak bola.

“Diharapkan peserta dari Indonesia, khususnya Batam bisa menarik investasi asing nantinya, termasuk juga untuk meningkatkan kemampuan manufaktur dan infrastruktur digital. Dalam kaitannya tentu untuk meningkatkan ekspor kita,” ungkap Tony.

Adapun untuk “Making Indonesia 4.0” terdapat 5 sektor prioritas yang sudah ditetapkan yaitu industri makanan dan minuman, produk tekstil, otomotif termasuk komponennya, elektronik termasuk komponennya, dan kimia termasuk farmasi. 

Guna mendukung sosialisasi dan penjaringan co-exhibitors, sudah dibuat situs yang dimaksudkan untuk media informasi dan register online jika ada investor yang berminat untuk melakukan pameran Hannover Messe 2020, bisa mendaftar melalui website pameranln.kemenperin.go.id/hm20. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Faizal R Arief
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan
Sumber : TIMES Batam

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES