Kesehatan

Cek Kekuatan Tulang dengan Cara Mudah Ini

Cek Kekuatan Tulang dengan Cara Mudah Ini ILUSTRASI - Nyeri Tulang. (FOTO: Hello Sehat)
Jum'at, 19 Juli 2019 - 07:01

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Tulang merupakan salah satu bagian tubuh penting yang menunjang aktivitas Anda sehari-hari. Tanpa tulang yang kuat, aktivitas yang bisa Anda lakukan menjadi terbatas. Bagaimana cara mengetahui kekuatan tulang kita?

Selain dengan melakukan tes kepadatan tulang, memperhatikan tanda-tanda berikut ini dapat membantu Anda mengetahui kesehatan tulang. Tanda-tanda berikut bisa muncul saat kesehatan tulang Anda mulai menurun. Apa saja tanda-tanda kesehatan tulang mulai menurun?

1. Kuku mudah patah

Kuku bisa mencerminkan kondisi tulang Anda. Hal ini karena kuku dan tulang tersusun dari mineral yang sama, yaitu kalsium, dan protein (kolagen) yang sama. Jika kuku Anda mudah patah, ini bisa berarti tubuh Anda kekurangan kalsium dalam tulang. Sehingga, tulang juga bisa menjadi mudah rapuh.

2. Gusi mulai menurun atau lepas dari gigi

Kalsium yang menyusun tulang bisa terus menurun jumlahnya sehingga membuat tulang rapuh. Hal ini juga bisa terjadi pada tulang rahang. Tulang rahang yang kepadatannya menurun dapat membuat gusi ikut menurun atau lepas dari gigi. Akibatnya, gigi Anda mudah goyang dan tanggal.

3. Genggaman tangan mulai melemah

Penelitian menunjukkan bahwa ada hubungan antara kekuatan genggaman tangan dengan kepadatan tulang di lengan, tulang belakang, dan pinggul. Sehingga, jika Anda merasa genggaman Anda melemah, misalnya saat berpegangan di bus atau saat membuka botol, maka kepadatan tulang Anda mungkin mulai menurun.

4. Sering kram dan nyeri tulang

Kadang, gejala tersebut mungkin sering diabaikan atau dianggap terjadi karena kurang olahraga. Tapi, gejala ini bisa mengindikasikan tulang Anda mulai kehilangan kepadatannya.

Itulah empat cara untuk mengetahui kekuatan tulang Anda. Jika muncul tanda-tanda di atas, kemungkinan kesehatan tulang Anda segera menurun. Agar tulang tetap kuat sebaiknya Anda bisa mengubah pola hidup dan konsumsi suplemen serta makanan yang bermanfaat untuk kesehatan tulang. (*)

Jurnalis :
Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

Komentar

Loading...
Registration