Peristiwa Daerah

Kepala Bappenas Paparkan Kesuksesan Indonesia Tekan Kerugian Ekonomi Akibat Bencana

Kamis, 18 Juli 2019 - 22:25 | 75.36k
Menteri PPN/Kepala Bappenas Bambang Brodjonegoro hadir sebagai delegasi dalam forum UNESCAP on Disaster Risk Reduction and SDGs di New York, Selasa (16/7/2019). (Foto : Istimewa)
Menteri PPN/Kepala Bappenas Bambang Brodjonegoro hadir sebagai delegasi dalam forum UNESCAP on Disaster Risk Reduction and SDGs di New York, Selasa (16/7/2019). (Foto : Istimewa)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Bappenas Bambang Brodjonegoro memaparkan kesuksesan Indonesia menekan nilai kerugian akibat bencana dalam sebuah forum internasional di New York, Selasa (16/7/2019).

Dalam agenda tersebut Bambang menyampaikan Voluntary National Review (VNR) Indonesia terkait pengurangan risiko bencana. 

“Sebagai negara kepulauan yang terletak di ring of fire, Indonesia harus selalu siap menghadapi resiko bencana,” terang Bambang saat menghadiri ASEAN United Nations Economic and Social Commission for Asia and the Pacific (UNESCAP) on Disaster Risk Reduction and SDGs yang diselenggarakan sebagai bagian dari the United Nations High-Level Political Forum (HLPF) 2019.

Pemerintah Indonesia telah membuat kemajuan yang menjanjikan dalam memperkuat ketahanan dan kapasitas adaptif terkait bencana dalam kurun waktu 2010-2017. 

Jumlah kematian dan orang hilang per 100 ribu orang menunjukkan penurunan dari 0,8 pada 2010 menjadi 0,14 pada 2017. Pada periode yang sama, nilai kerugian ekonomi akibat bencana juga menurun dari Rp 11,9 triliun menjadi Rp 4,7 triliun atau sekitar 0,17 persen hingga 0,05 persen dari Produk Domestik Bruto (PDB). 

Selain itu, Pemerintah Indonesia juga telah berhasil menyelaraskan Strategi Pengurangan Risiko Bencana Nasional dengan Sendai Framework. Saat ini, seluruh elemen pemerintahan di 34 provinsi telah mengadopsi dan menerapkan strategi pengurangan risiko bencana tersebut. 

“Keberhasilan lainnya juga tercermin dalam Indeks Risiko Bencana Indonesia (IRBI) yang angkanya menurun sebesar 16,06 persen dari 2015 hingga 2017,” tuturnya.

Untuk meningkatkan kapasitas manajemen bencana, Pemerintah Indonesia juga memberikan dukungan bagi pemerintah daerah dan masyarakat dalam meningkatkan budaya kesadaran dan kesiapsiagaan bencana, seperti menyediakan peralatan bantuan bencana untuk kabupaten/kota, memberikan bantuan sistem informasi yang terintegrasi dengan Pusat Kendali Operasional (Pusdalops) di 30 provinsi dan 104 kabupaten/kota, dan pembentukan 594 Desa Tangguh Bencana. 

Untuk memastikan prinsip "no one left behind", penanggulangan bencana juga melibatkan para penyandang disabilitas. Namun, Pemerintah Indonesia masih perlu memperhatikan beberapa tantangan, seperti perhatian minimum terhadap karakteristik ancaman multi-bencana dalam kerangka pertumbuhan dan pemerataan pembangunan, kurangnya budaya kesiapsiagaan bencana dan kurangnya komitmen pemerintah daerah untuk mengurangi risiko bencana. 

“Strategi ketahanan bencana ke depan adalah penguatan kapasitas manajemen bencana, peningkatan fasilitas dan infrastruktur bencana, manajemen darurat dan pemulihan pasca bencana, serta penguatan manajemen bencana,” ujar Kepala Bappenas.(*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Faizal R Arief
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES