Pendidikan

Memasuki Tahun ke-5, SMA Laboratorium UM Lakukan MPLS di Hawai Waterpark-MNP

Kamis, 18 Juli 2019 - 22:06 | 363.42k
Siswa siswi SMA Laboratorium UM yang melakukan Masa Pengenalan Lingkungan  Sekolah (MPLS) di Hawai Waterpark-MNP. (FOTO: Istimewa)
Siswa siswi SMA Laboratorium UM yang melakukan Masa Pengenalan Lingkungan  Sekolah (MPLS) di Hawai Waterpark-MNP. (FOTO: Istimewa)

TIMESINDONESIA, MALANG – Sebanyak 312 siswa SMA Laboratorium UM Malang, Kamis (17/7/2019) seharian memenuhi dan menikmati semua wahana permainan di Hawai Waterpark-MNP untuk melaksanakan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS).

Wakil Kepala Sekolah Bidang Kesiswaan, Moch Khabib Saleh SH mengatakan, ini adalah tahun ke 5 pelaksanaan MPLS SMA Lab UM. "Pokoknya sejak Hawai berdiri, setiap tahun kami selalu melaksanakan MPLS di sini," kata Khabib.

SMA-Laboratorium-UM-2.jpg

Mengambil tema "Kenali Potensimu, Kembangkan Prestasimu, Jadikan Karaktermu Menjadi Insan Indonesia ber-Pancasila", SMA Lab UM mencoba melatih siswa-siswa itu dalam sebuah kebersamaan, kekompakan dan menjaga persatuan.

"Semuanya kami kemas seperti out-bond, dengan berbagai permainan yang semuanya berdasarkan kebersamaan, kekompakan dan persatuan tadi. Semua wahana di Hawai Waterpak-MNP ini kami manfaatkan untuk permainan yang bersifat education, mengkreasikan formasi berupa angka huruf atau kata," kata Khabib.

Dicontohkan, ketika mereka bermain rainbow fall, kata Khabib, para siswa itu setelah meluncur diharuskan membuat gerakan-gerakan tertentu dan siswa yang menunggu di ujung landasan rainbow fall diwajibkan mengartikannya.

Menurut Khabib seluruh wahana di Hawai Waterpark-MNP yang serba air itu bisa dimanfaatkan untuk kegiatan edukasi. Siswa siswi itu juga diajari tentang menajemen konflik, leadership dan kegembiraan. SMA Laboratorium UM setiap tahun selalu mengajak siswa barunya melaksanakan MPLS di Hawai Waterpark-MNP. "Dan ini sudah tahun ke lima," tegasnya.

SMA-Laboratorium-UM-3.jpg

Apalagi tahun ada wahana baru Museum Ganesya dan menurut Khabib menambah perbendaharaan pengetahuan tentang sejarah bangsa Indonesia. Bahkan para siswa juga diberi kesempatan belajar bermain gamelan.

Khabib mengaku lembaganya memilih Hawai Waterpark karena wahananya tidak membosankan dan selalu ada yang baru. Arealnya juga luas. Bagi para siswa ini sesuatu yang menyenangkan. "Mereka juga bukan hanya dari Malang saja, tetapi ada yang dari Jakarta, Bandung, Papua, Lampung, Bali dan sebagainya," katanya lagi.

Dengan 21 guru pendamping dan 32 senior mereka yang terdiri terdiri dari OSIS, dewan keamanan, serta PMR, siswa baru SMA Laboratorium UM Malang, yang berjumlah 312 anak itu, Kamis (17/7/2019) seharian melaksanakan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) di Hawai Waterpark-MNP.

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Widodo Irianto
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan
Sumber : TIMES Malang

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES