Ekonomi

Sekitar 17 Ribu Warga Bondowoso Menganggur, Pemkab Menggelar Job Market 

Sekitar 17 Ribu Warga Bondowoso Menganggur, Pemkab Menggelar Job Market  Wakil Bupati Bondowoso Irwan Bachtiar Rahmat saat menghadiri Job Market Fair di BLK Bondowoso. (FOTO: Moh Bahri/TIMES Indonesia)
Kamis, 18 Juli 2019 - 19:12

TIMESINDONESIA, BONDOWOSO – Pengangguran terbuka di Kabupaten Bondowoso Jawa Timur, kurang lebih berada di angka 3,9 persen atau sekitar 17 ribu jiwa.

Hal itu diungkapkan langsung oleh Wakil Bupati Irwan Bachtiar Rahmat saat membuka pelaksanaan Job Market Fair (JMF) 2019, di Balai Latihan Kerja Kamis (18/7/2019). 

Dalam kesempatan itu, Wabup meminta agar kegiatam itu dipublikasikan lebih luas. Tujuannya, agar kegiatan itu betul-betul bisa berdampak secara langsung. Khususnya kepada para pencari kerja yang masuk dalam kategori pengangguran terbuka.

"Saya sangat mengapresiasi apa yang sudah dilakukan oleh Pak Purno (Kepala Dinas Tenaga Kerja) dan kawan-kawan,” ungkapnya.

Namun dia tetap mewanti-wanti, JMF ini tetap harus dipublikasikan lebih luas lagi. “Sehingga kesempatan kepada anak-anak kita yang lebih kurang 3,9 persen pengangguran terbuka kita bisa mengambil kesempatan dalam JFM," katanya.

Walaupun secara persentase kata dia, pengangguran terbuka Bondowoso berada di bawah Jatim. Tapi hal itu merupakan suatu permasalahan yang harus diseriusi. “Karena ini juga berpengaruh terhadap IPM utamanya mengenai pertumbuhan perekonomian,” jelasnya.

Dia berharap, ke depan agar JMF ini bukan hanya membuka lowongan pekerjaan. Melainkan, menjadi wadah untuk menjembatani MoU antara SMK dan Perusahaan.

Sehingga, nantinya lulusan SMK bisa langsung diterima di perusahaan. Begitu ada suatu kelulusan, mereka tak bingung," sambung ketua DPC PDI Perjuangan tersebut.

Kepala Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu dan Tenaga Kerja, Purno Winardi menjelaskan, JMF 2019 kembali dibuka oleh Pemerintah Daerah Bondowoso.

“JMF tahun ini menyediakan sedikitnya 1.508 lowongan pekerjaan dari 30 perusahaan luar dan dalam kabupaten,” katanya.

Loker yang tersedia dalam JMF 2019 di Bondowoso diantaranya asisten manajer, konsultan finansial, front office, kasir, pramuniaga, supervisor, marketing, resepsionis, dan lain-lain.(*)

Jurnalis : Moh Bahri
Editor : Faizal R Arief
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok
Sumber : TIMES Bondowoso

Komentar

Loading...
Registration