Peristiwa - Daerah

Kini Ponorogo Punya Jalan HOS Cokroaminoto

Kini Ponorogo Punya Jalan HOS Cokroaminoto Jalan Baru Hos Cokroaminoto Ponorogo (FOTO: Marhaban/TIMES Indonesia)
Kamis, 18 Juli 2019 - 18:43

TIMESINDONESIA, PONOROGO – Bukan sekedar ide dari Bupati Ponorogo Ipong Muchlissoni untuk mengubah Jalan Soekarno Hatta menjadi Jalan HOS Cokroaminoto. Hal ini merupakan bentuk penghormatan yang luar biasa terhadap salah satu pahlawan nasional yang lahir di Ponorogo.

"Bangsa yang besar adalah bangsa yang menghargai jasa para pahlawannya," ungkap Ipong Muchlissoni, Kamis (18/7/2019).

Menurutnya, HOS Cokroaminoto adalah tokoh pergerakan kemerdekaan Indonesia, bahkan sang proklamator kemerdekaan Indonesia, Bung Karno adalah salah satu murid beliau. "Jadi sudah seharusnya di Ponorogo ada jalan Cokroaminoto," ujar Ipong.

Selain itu juga Ipong berharap agar generasi muda di Ponorogo mengerti kalau daerahnya pernah melahirkan tokoh pergerakan nasional.

HOS Cokroaminoto lahir di Tegalsari, Jetis Ponorogo putra dari RM Tjokroamiseno, cucu dari RM Adipati Tjokronegoro Bupati Ponorogo dan warenh dari Kiai Muhammad Besari.

Silsilah HOS Cokroaminoto bin Tjokroamiseno bin Tjokronegoro bin Kiai Hasan Besari bin Kiai Ilyas bin Kiai Muhammad Besari. Gelar Raden Mas Cokroaminoto karena kiai Hasan Besari menikahi RA Moertosiyah cucu dari Sunan Paku Buwono III keraton Surakarta. (*)

Jurnalis : M. Marhaban (MG-90)
Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Sofyan Saqi Futaki
Sumber : TIMES Ponorogo

Komentar

Loading...
Registration