Peristiwa Daerah

Gema Desa, Angkat Potensi Wisata Religi Makam Mbah Bregas di Bululawang

Kamis, 18 Juli 2019 - 17:36 | 380.88k
Plt Bupati Malang Drs HM Sanusi saat berziarah ke makam Mbah Bregas. (FOTO: Binar Gumilang/TIMES Indonesia)
Plt Bupati Malang Drs HM Sanusi saat berziarah ke makam Mbah Bregas. (FOTO: Binar Gumilang/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, MALANG – Potensi wisata religi makam Mbah Bregas di Desa Lumbangsari, Kecamatan Bululawang, diangkat dan dikenalkan melalui Gema Desa yang dikunjungi Plt Bupati Malang, Drs HM Sanusi MM, Kamis (18/7/2019).

Mbah Bregas adalah penyebar agama Islam di Bululawang. "Selain Gunung Kawi di Kecamatan Wonosari, Kabupaten Malang juga memiliki potensi wisata religi di Bululawang ini, dengan adanya Makam Mbah Bregas," ujar Plt Bupati Malang, Drs HM Sanusi MM kepada TIMES Indonesia.

Lebih lanjut dia menjelakan, keberadaan makam Mbah Bregas menjadi jujugan wisatawan maupun masyarakat sekitar untuk berziarah. Sehingga, namanya sudah cukup dikenal.

"Tentunya Pemkab Malang akan membantu apa yang menjadi kekurangan dari tempat ini. Salah satunya adalah masih belum ada penerangan yang memadai," kata Abah Sanusi sapaannya.

Maka dari itu, pihaknya meminta Dinas Bina Marga Kabupaten Malang untuk membantu pemasangan Penerangan Jalan Umum (PJU) guna mendukung obyek wisata religi tersebut.

"PJU yang dipasang nantinya bisa menggunakan solar cell, sehingga lebih irit penggunaannya," ungkap pria berdomisili di Gondanglegi ini.

Politisi PKB ini melanjutkan, di area Makam Mbah Bregas juga ada museum yang berisi berbagai macam peninggalan dan benda yang identik dengan penyebaran Islam di Bululawang.

"Jadi, wisatawan maupun masyarakat bisa berziarah dan sekaligus wisata edukasi belajar tentang penyebaran Islam di tempat ini," katanya.

Selain mengunjungi lokasi wisata religi makam Mbah Bregas, dalam Gema Desa di Bululawang ini Plt Bupati Malang juga meninjau segala potensi yang ada di wilayah tersebut. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Faizal R Arief
Publisher : Sofyan Saqi Futaki
Sumber : TIMES Malang

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES