Indonesia Positif Ketahanan Informasi Nasional

Satgas TMMD Gotong Royong Gali Pondasi di Kawasan Ekstrem Lereng Gunung

Kamis, 18 Juli 2019 - 13:39 | 59.85k
Satgas TMMD 105 Kodim Trenggalek penuh tenaga ekstra untuk menggali pondasi rumah di kawasan lereng gunung, Kamis (18/7/2019). (Foto : Istimewa)
Satgas TMMD 105 Kodim Trenggalek penuh tenaga ekstra untuk menggali pondasi rumah di kawasan lereng gunung, Kamis (18/7/2019). (Foto : Istimewa)
FOKUS

Ketahanan Informasi Nasional

TIMESINDONESIA, TRENGGALEK – Satgas TMMD 105 Kodim Trenggalek menggali pondasi di kawasan  ekstrem. Lokasi bedah Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) tersebut berada di lereng gunung curam, Desa Bendungan, Kecamatan Sumurup, Trenggalek, Kamis (18/7/2019).

Keadaan tanah rumah memang berada di dataran tinggi. Untuk menuju ke lokasi, Satgas TMMD harus menggunakan kendaraan roda dua. Kondisi jalan yang cukup terjal mengharuskan Satgas mengeluarkan tenaga ekstra.

Apalagi untuk penggalian pondasi rumah miliki Paikem (61) tersebut harus lebih hati-hati, karena kondisi tanah yang mudah runtuh. Pondasi sebelumnya digali lubang untuk letak kaki-kaki pondasi dengan kedalaman sekitar 1-1,5 meter. 

Dibutuhkan waktu lama dalam menggali pondasi karena dikhawatirkan akan mudah longsor dan tanah gerak yang menimbulkan rumah retak dan roboh. Kekuatan cor pondasi juga nanti akan mempengaruhi bagus dan hasilnya bangunan rumah. 

“Kalau tidak dalam kuatir akan retak dan bagunannya ambles. Ya harus ekstra hati-hati karena medannya sangat terjal,” jelas Dansatgas TMMD 105, Letkol Inf Dodik Novianto. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : AJP-13 Editor Team
Publisher : Rochmat Shobirin

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES