Kamis, 19 September 2019
Peristiwa

MPLS di SMK NU Tenggarang Bondowoso, GusDurian Ajarkan 9 Nilai Gus Dur

MPLS di SMK NU Tenggarang Bondowoso, GusDurian Ajarkan 9 Nilai Gus Dur Suasana MPLS di SMK NU Tenggarang Bondowoso saat menerima materi 9 nilai-nilai Gus Dur. (FOTO: Moh Bahri/TIMES Indonesia)
Kamis, 18 Juli 2019 - 12:06

TIMESINDONESIA, BONDOWOSO – Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) serentak diadakaan oleh semua jenjang sekolah pada awal masuk tahun ajaran baru. Ini menjadi momentum bagi GusDurian Bondowoso untuk ikut ambil bagian menyukseskan gelaran MPLS.

Salah satunya GusDurian Bondowoso ini. Mereka mengajarkan 9 nilai-nilai Gus Dur pada peserta didik baru di SMK NU Tenggarang Bondowoso. GusDurian adalah komunitas pecinta Gus Dur yang eksis di setiap daerah dengan tujuan membumikan nilai-nilai Gus Dur untuk selanjutnya diteladani dan diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari.

Daris Wibisono Setiawan, kepala SMK NU Tenggarang mengatakan, sengaja mengundang GusDurian Bondowoso untuk mensyiarkan 9 nilai utama Gus Dur seperti, Ketauhidan, Kemanusiaan, Keadilan, Kesetaraan, Pembebasan, Kesederhanaan, Persaudaraan, Keksatriaan, dan Kearifan lokal.

SMK-NU-Tenggarang-b.jpg

“9 nilai keutamaan Gus Dur ini sangat penting sekali menjadi pondasi siswa untuk senantiasa berfikir dan bertindak bijak di lingkungannya sehari-hari” ujar Daris dalam sambutannya.

Sementara itu, aktivis GusDurian Wiwin Bondowoso menegaskan pentingnya implementasi 9 nilai utama Gus Dur, sebagai bekal generasi penerus bangsa untuk menjadi generasi emas masa depan yang gemilang dan berkarakter.

Menurutnya, Indonesia berdiri kokoh di atas kemajemukan, ribuan pulau yang terbentang, ratusan suku dan bahasa akan terjaga dengan baik jika masing-masing pribadi, menjadi pribadi yang meneduhkan,  mencerahkan dan mencerdaskan dengan bingkai 9 nilai tersebut. 

Pelaksanaan MPLS di SMK Nu Tengarang tahun ini sangat berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, dimana ada rangkaian bermacam-macam kegiatan. Seperti latihan disiplin dan PBB oleh Koramil Tenggarang, pembinaan Polres Bondowoso, kuliah umum perikanan dari praktisi dunia usaha dan dunia industri, gerakan gotong royong mempecantik sekolah, dan kegiatan-kegiatan lainnya.

“Alhamdulilah anak-anak dengan sangat antusias bisa mengikuti setiap kegiatan dengan bahagia, hari ini GusDurian Bondowoso dan Polres Bondowoso selepas mengisi kegiatan juga senang melihat semangat dan mimpi yang besar dari anak didik kami” jelas Wasilah selaku ketua panitia MPLS.(*)

Jurnalis : Moh Bahri
Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Sholihin Nur
Sumber : TIMES Bondowoso

Komentar

Registration