Indonesia Positif Ketahanan Informasi Nasional

SMK PK Jember Dukung Keterlibatan TNI dalam PLS

Rabu, 17 Juli 2019 - 17:01 | 173.07k
Pernyataan Kepala Sekolah SMK-PK yang mndukung PLS diberikan oleh TNI. (FOTO: AJP TIMES Indonesia)
Pernyataan Kepala Sekolah SMK-PK yang mndukung PLS diberikan oleh TNI. (FOTO: AJP TIMES Indonesia)
FOKUS

Ketahanan Informasi Nasional

TIMESINDONESIA, JEMBER – Sekolah Menengah Kejuruan Perikanan dan Kelautan (SMK PK) Jember menjadi satu-satunya lembaga pendidikan di Kabupaten Jember yang menjadi rujukan nasional bidang perikanan dan kelautan, dengan tata kelola pembelajaran sekolah yang dilaksanakan menggunakan sistem semi militer. Sehingga mampu mencetak lulusan yang berkualitas dan siap kerja.

Hal tersebut yang wajib diketahui oleh peserta didik baru SMK PK Jember dalam masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (PLS).

Kepala SMK PK Jember Kuncoro Dhiya’uddin menerangkan bahwa masa PLS merupakan masa penting bagi pihak sekolah untuk menanamkan pengetahuan dasar tentang sekolah dan lingkungan di sekitarnya kepada para anak didik barunya.

SMK-PK-Jember-2.jpg

Termasuk menanamkan pemahaman tentang pentingnya kedisiplinan dalam proses belajar mengajar.

Karena itu, dia menilai bahwa masa PLS yang berlangsung selama hanya tiga hari tersebut belum maksimal untuk memberikan pengetahuan dasar yang dimaksud.

"Bahwa bagi kami, SMK PK, pemberian materi PLS selama tiga hari ini sangat kurang," kata Kuncoro, Jember, beberapa waktu lalu.

Karena itu, dia menerangkan bahwa pihaknya menyiasati kegiatan masa PLS dengan menggandeng personel TNI dari jajaran Kodim 0824 Jember.

"Kegiatan siswa baru masuk ini selama 1 bulan kami kemas dalam Latihan Dasar Disiplin Korps (LDDK), kami gembleng fisik dan mental adik-adik ini, dengan didukung oleh banyak pihak terutama Kodim 0824 Jember melalui Koramil 0824/21 Puger yang mendukung pembentukan karakter pondasi almamater," terangnya.

SMK-PK-Jember-3.jpg

Menurutnya, pemberian materi PLS oleh personel TNI tersebut berdampak positif kepada peserta didik baru di sekolahnya.

"Bisa dilihat anak-anak kita posturnya, profilnya, sikapnya, performanya insyaallah beda, itu yang pertama," tutur dia.

Selain itu, dia mengatakan dengan kegiatan tersebut para siswa barunya akan memiliki kedisiplinan dan tekat kuat untuk belajar serta berani menghadapi tantangan di masa depan.

"Terbukti sekitar 70 persen lulusan SMK PK ini terserap menjadi tenaga kerja perusahaan asing di luar negeri tentunya sesuai keahliannya. Saya yakin itu semua berkat pembentukan pondasi yang kuat itu tadi, anak-anak kami tata sejak awal. Ibarat bangunan tinggi pondasinya sudah kokoh," ujar Kuncoro.

Saat ini SMK PK Jember menerima 221 taruna-taruni baru dari 290 pendaftar. Sebelumnya, mereka lulus dalam seleksi di antaranya seleksi kesehatan jasmani dan rohani, tes buta warna, cek tato dan tindik.

Untuk lulusan tahun 2019 terdapat alumni yang diberangkatkan untuk kerja magang ke perusahaan perkapalan/perikanan  di Jepang sebanyak 5 orang.

"Menyusul kemudian 24 orang. Dan 8 orang siap berangkat beasiswa sekolah di Tiongkok diterima bidik misi, diterima beasiswa di ABS Sekolah Tinggi Pelayaran  Jakarta, dan lain-lain," beber dia.

"Luar biasa pemberian materi oleh TNI pada PLS di sekolah ini. Kami sangat mendukung diberlakukannya di seluruh sekolah sehingga memiliki nilai positif bagi siswa sebagai generasi penerus bangsa," imbuhnya.

Sementara itu, Komandan Kodim 0824 Jember Letkol Inf Arif Munawar menerangkan bahwa pihaknya membantu pelaksanaan PLS ini dalam rangka berperan serta dalam membentuk pondasi dasar generasi bangsa.

 "Kalau pondasi dasarnya kuat mereka pasti akan memiliki kepercayaan diri, keberanian dalam menentukan hidupnya sendiri. Kalau jadi pemimpin mereka akan memiliki prinsip yang kuat dan ketegasan dalam memutuskan kebijakan dan lain-lainnya," kata Arif.

Arif juga menerangkan bahwa salah satu upaya untuk menjaga keutuhan NKRI adalah dengan mempersiapkan kualitas generasi penerus bangsa.

"Inilah yang juga menjadikan penekanan dari Panglima TNI maupun Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad) agar kami membantu memberikan materi dalam PLS di sekolah-sekolah," tambahnya. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Publisher : Rochmat Shobirin
Sumber : TIMES Jember

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES