Kesehatan

Enam Manfaat Daun Jambu Biji untuk Kesehatan

Kamis, 18 Juli 2019 - 03:06 | 552.92k
ILUSTRASI - Daun Jambu Biji beserta Buahnya. (FOTO: Prfmnews)
ILUSTRASI - Daun Jambu Biji beserta Buahnya. (FOTO: Prfmnews)

TIMESINDONESIA, JAKARTADaun jambu biji kaya akan antioksidan, zat antiinflamasi, antibakteri, dan tanin yang dapat meningkatkan kesehatan secara signifikan. Untuk mendapatkan khasiatnya, daun jambu dapat diseduh menjadi teh. Proses ini membuat daun jambu melepaskan vitamin C dan flavanoid seperti kuersetin.

Berikut manfaat konsumsi daun jambu yang sudah terbukti secara ilmiah, seperti dilansir dari CNN Indonesia.

1. Diare

Teh, ekstrak, atau minyak esensial daun jambu biji dapat membantu memperbaiki kondisi pencernaan seperti diare. Penelitian menemukan, ekstrak daun jambu biji dapat mengurangi frekuensi buang air besar dan mengurangi keparahan diare.

2. Obesitas

Sama seperti buah jambu biji yang kaya akan serat dan memiliki indeks glikemik yang rendah, daunnya pun memiliki kandungan serupa. Daun jambu biji dapat menghambat pati kompleks agar tidak berubah menjadi gula. Proses ini dapat berkontribusi untuk mengurangi kenaikan berat badan dan mencegah obesitas.

3. Diabetes

Studi menunjukkan, ekstrak daun jambu biji dapat mencegah perkembangan diabetes tipe 2. Jambu memiliki indeks glikemik yang rendah, bahkan pasien diabetes bisa mengonsumsi jambu. Ini dapat mencegah fluktuasi kadar insulin dan glukosa.

4. Kolesterol

Penelitian menemukan, rutin mengonsumsi daun jambu biji secara teratur selama berbulan-bulan dapat membantu mengurangi kolesterol dan trigliserida tanpa memiliki efek samping. Manfaat yang sama juga bisa didapat dari mengonsumsi buah jambu.

5. Kanker lambung

Ekstrak daun jambu biji juga dapat mengobati pasien kanker lambung atau kanker perut. Daun jambu biji mengandung senyawa seperti likopen, kuersetin, dan vitamin C yang berfungsi sebagai antioksidan yang dapat menetralkan radikal bebas di dalam tubuh.

Penggunaan minyak jambu biji juga dapat menghasilkan sifat antikanker di dalam tubuh.

6. Kanker prostat

Kandungan likopen dalam daun jambu biji juga dapat mengobati kanker lain seperti kanker prostat, payudara, dan mulut. Daun jambu biji memiliki sifat melawan kanker dengan membantu menghambat produksi androgen yang menjadi dalang pertumbuhan sel kanker prostat. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Sofyan Saqi Futaki

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES